Bupati Pasaman Benny Utama Ikuti Apel Gelar Pasukan PAM PILWANA Serentak Tahun 2022

271

PASAMAN (Sumbar) ketikberita.com | Segenap masyarakat Kabupaten Pasaman dihimbau agar ikut mensukseskan pelaksanaan PILWANA pemilihan Wali Nagari Serentak “Insya Allah “akan diselenggarakan tgl 12 Desember 2022 mendatang, sebut Bupati Pasaman Benny Utama kepada awak media usai mengikuti Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres Pasaman, Sabtu sore (10/12).

Lebih lanjut disampaikan Benny Utama bahwa Tahun 2022 ini sebanyak 35 nagari di Kabupaten Pasaman akan melaksanakan Pilwana / pemilihan wali nagari serentak, terdiri 25 nagari persiapan dan 10 nagari induk dan satu nagari ditunda pelaksanaan Pilwana nya dulu yakni nagari lansek kodok sebab masih dalam proses calon wali nagari nya belum memenuhi kuota, dalam waktu dekat menyusul pemungutan suaranya, “Sebutnya.

Pelaksanaan Apel gelar pasukan dihalaman polres Pasaman ini disamping dihadiri oleh Bupati Pasaman Benny Utama juga dihadiri Forkopimda, sejumlah kepala OPD dilingkungan Pemkab Pasaman, seluruh Kapolsek yang ada di Pasaman serta sejumlah aparat dari jajaran kepolisian, Brimob, SatPol PP, TNI, Linmas, undangan lainnya, walaupun saat itu cuaca kurang bersahabat dan hujan gerimis mengguyur dengan penuh semangat melaksanakan tugas, apel gelar pasukan tetap dilakukan dengan Hidmat.

Kapolres Pasaman AKBP Dr Fahmi Reza SIk MH, selaku pimpinan Apel menyatakan apel gelar pasukan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personel, sarana dan prasarana serta cara bertindak sebelum diterjunkan dalam melaksanakan pengamanan, juga menunjukkan kesiapan seluruh instansi yang terlibat dalam kegiatan pemilihan wali nagari, sehingga diharapkan pemilihan wali nagari serentak tahun 2022 ini dapat terselenggara dengan aman lancar, tertib dan damai.

Kegiatan Pilwana ini dapat memunculkan potensi kerawanan dibidang keamanan baik sebelum, sesaat dan sesudah Pilwana untuk itu Polri dan TNI serta stakeholder terkait lainnya harus siap hadapi kemungkinan yang terjadi, dan pasukan yang dilibatkan dalam PAM Pilwana sebanyak 224 personel polri, satu kompi Brimob Polda Sumbar, 35 personel TNI, 70 personel satpol PP dan 391 Linmas . Untuk pengamanan 391 TPS di seluruh nagari se kabupaten Pasaman serta peralatan pendukung lainnya,”Ujarnya.

Kemudian Kapolres Pasaman Fahmi Reza juga menekankan bahwa polri, TNI serta stakeholder lainnya terus berkomitmen bekerja sama dan bekerja keras guna menjamin terselenggaranya pemilihan wali nagari se pasaman yang aman dan lancar.

Selanjutnya dijelaskan Kapolres bahwa berbagai potensi kerawanan telah dipetakan untuk dilakukan upaya penanganan secara profesional, proposional dan berkelanjutan sehingga tidak terjadi konflik sosial yang meluas.

Kemudian Kapolres juga menekankan kepada pasukan untuk memperkuat soliditas dan sinergitas TNI dan Polri serta stakeholder lainnya.

“Seluruh peserta pengamanan untuk pro aktif melakukan deteksi dinamika yang berkembang, gelorakan Pilwana damai di seluruh elemen masyarakat sehingga tercipta Kamtibmas dan lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional terhadap dugaan tindak pidana maupun potensi pelanggaran hukum lainnya guna menjamin stabilitas Kamtibmas yang kondusif di kabupaten Pasaman,” tutupnya. (Abdi)