Peletakan Batu Pertama, Renovasi Total Masjid Baiturrahman Butuh Dukungan

50

MEDAN ketikberita.com | Peletakan batu pertama menandai dimulainya renovasi total pembangunan Masjid Baiturrahman yang berlokasi di Jalan Menteng II Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai, Minggu (14/8/2022).

Kegiatan tersebut adalah salahsatu rangkaian awal dalam pembangunan Masjid Baiturrahman sejak tahun 1999. Dimana, ditahun 1970 an, masjid Baiturrahman merupakan mushollah dan berubah statusnya menjadi masjid di tahun 1980 an.

Peletakan batu pertama dihadiri anggota DPRD Sumut dari fraksi PKS H Hanafi Lc, Wakil Ketua DPRD Sumut dari fraksi Golkar Irham Buana SH MHum, Ketua BKM Baiturrahman Muammar BM S hut, Ketua Panitia pembangunan masjid H Nasri Helen Pilu, Sekretaris Panitia Dedi Kurniawan, Bendahara Panitia Afri Gunawan Tanjung, Ustad Ahmad Azizi, Ustad Herizal Daud, Ketua STM H Wasito, Iptu Hamdani, Ketua Persatuan Keluarga Padang Pariaman (PKPP) Kota Medan Masrizal Manday, Bahri Manday, Lurah Binjai Muhammad Awal Syahputra S STP, Kepling Lingkungan XII Muhsan Hutasuhut, para ibu-ibu perwiritan, tokoh pemuda dan masyarakat pendukung lainnya. Sementara, camat Medan Denai berhalangan hadir, karena ada kegiatan lain yang harus dikerjakannya.

Dalam sambutannya, Ketua Badan Kenaziran Masjid (BKM) Baiturrahman Muammar BM S.hut menjelaskan, pasca dibentuk untuk periode 2022-20227, BKM Baiturrahman membuat sebuah visi yang ingin memakmurkan masjid, baik dari jamaah dan bangunannya.

Dimana, lanjutnya, dari segi jamaah, BKM Baiturrahman membentuk program-program keislaman, seperti pengajian-pengajian dan pelaksanaan hari besar Islam pada lingkungan masjid, hingga kegiatan rutin bantuan kepada anak yatim piatu.

Sedangkan dari segi bangunannya, BKM bersama seluruh para alim ulama ingin mengembangkannya, yaitu dengan melakukan renovasi total. Sehingga, Masjid Baiturrahman menjadi tempat beribadah yang nyaman dan lebih banyak menampung jamaah.

Namun, ungkap Muammar, sejalan dengan pembangunan itu, dirinya berharap ikrar dan dukungan seluruh lapisan masyarakat. Karena, tanpa dukungan, kegiatan renovasi ini tidak akan berarti apa-apa.

“Alhamdulillah, ikrar bersama sudah datang dari sebagian masyarakat yang mau membantu 100 sak semen, bahkan hingga selesai pembangunan. Insyallah, dengan niat yang baik dan rasa syukur Allah SWT meridhoi dan menambah rezeki kita untuk sama-sama membangun masjid Baiturrahman. Mudah-mudahan niat baik ini menjadi lebih lancar dan terealisasi,”ucapnya.

Untuk itu, bagi kami membuka pintu yang selebar-lebarnya bagi siapa saja yang ingin menyisikan rezekinya. Dapat melalui ikrar atau angsung mengirimnya melalui Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan nomor Rekening 7199439744 an. BKM Baiturrahman.

“Jadi, silahkan saja yang ingin menyisihkan rezekinya, kami selaku BKM dan panitia terbuka bagi siapa saja yang ingin memberikan dukungannya,”sebut Muammar.

Senada juga disampaikan Anggota DPRD Sumut Fraksi PKS H Hanafi Lc. Menurutnya, apa yang disampaikan Nabi Muhammad SAW dalam hadist-hadistnya menjadi motivasi untuk selalu berbuat baik, melaksanakan keutamaan dan mewariskannya kepada generasi yang akan datang.

“Ini merupakan moment penting dalam perkembangan masjid Baiturrahman,”katanya.

Sebab, sesuai yang dikisahkan Almarhum H Muhtar Amin (mertua), lanjutnya, sejak tahun 1979, masjid Baiturrahman masih statusnya mushollah. Seiring dengan kebutuhannya, di tahun 1980, berubahnya menjadi Masjid dan di tahun 1999 sempat direnovasi sebagian ruangan masjid untuk memperluas ruangan sholat.

“Saat itu saya diunjuk sebagai ketua panitia pembanguan. Dan alhamdulillah, berkat doa kepada Allah SWT, masjid tersebut selesai sebelum waktu yang ditentukan yaitu 9 bulan,”ungkapnya.

Maka dari itu, dirinya berharap agar para panitia jangan ada keraguan. Karena Allah SWT tidak akan membiarkan rumahnya terkatung-katung tidak selesai. “Dengan kita kompak, saling komunikasi dan saling berkolaborasi bersama, maka kemakmuran masjid Baiturrahman dapat selesai, insyallah….,”tegas Hanafi.

Dikesempatan yang sama, Lurah Binjai Muhammad Awal Syahputra mengaku sangat mendukung renovasi total terhadap masjid Baiturrahman. Karena menunjukkan sebuah perkembangan umat Islam.

“Ini sebuah gambaran, bagaimana perkembangan umat Islam. Saya sangat bangga akan renovasi total yang audah dapat berjalan ini,”sebutnya saat menyampaikan sambutannya.

Langkah renovasi ini tentu sangat baik, katanya. Harapannya, akan menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah, dan melakukan pengajian-pengajian dalam mensukseskan pembangunan di masyarakat.

“Diharapkan dukungan kita semua, karena kalau cuma panitia yang memikirkannya, mungkin sulit,”ucap lurah..

Iapun berharap, partisipasi masyarakat yang baik, sehingga renovasi total masjid Baiturrahman dapat selesai.

Beberapa tokoh masyarakat dan para pemuka agama juga memberikan motivasi kepada pihak BKM dan panitia pembangunan. Bahkan, mereka dengan ikhlas akan ikut berkolaborasi menggalang dukungan dari masyarakat.

Seperti yang disampaikan Ustad Ahmad Azizi dan Mahrizal Manday. “Kami masih diberikan kepercayaan yang dapat disampaikan kepada masyarakat, guna mencari dukungan. Insyallah, kita menjadi saksi, berbuat untuk Masjid Baiturrahman”ketus Ustad Azizi.

Usai memberikan sambutannya, acaranya dilanjutkan dengan melakukan peletakan batu pertama, diiringi doa agar renovasi total berjalan lancar. (ind)