Paving Block Kademangan Besar, Duitnya Dari Mana.?

227

SERANG (Banten) ketikberita.com | Kegiatan pembangunan jalan jenis paving block di Kampung Kademangan Besar RT 008 RW 002 Desa Suka Jaya Kecamatan Pontang Kabupaten Serang dalam pelaksanaannya telah abaikan UU nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Makna dari Keterbukaan yaitu keadaan yang memungkinkan ketersediaan informasi yang dapat diberikan dan didapatkan oleh masyarakat luas”.

Menurut keterangan dari pekerja,kegiatannya sudah berjalan empat hari dan soal papan informasi pekerjaan sebelum kegiatan sudah ditanyakan.

“Sejak awal papan proyeknya (red-papan informasi pekerjaan) emang nggak ada,saya juga menanyakan mana papan proyeknya biar kami enak kerjanya,akan tetapi pihak pelaksana tidak menanggapinya,ya kami gak bisa memaksa Pak,”Kata pekerja yang enggan ditulis namanya, Kamis (25/11/2022).

“Untuk upahnya kami dibayar dengan cara borongan, permeternya 20 ribu,ketebalan abu batu (red-lantai kerja) kisaran 3 senti,” Jelasnya.

Tokoh masyarakat setempat, Makum turut buka suara soal tidak adanya papan proyek kegiatan di lingkungannya.

“Saya sudah minta sama pelaksananya (red-Pei) tapi sampai hari ini belum ada, padahal saya orang yang mengajukan usulannya (red-proposal),”Jelas Makum.

Menurut Endah Ketua RW 002,pelaksana dari kegiatan ini kurang tata kramanya, belum koordinasi dengan pihak desa (red-Kades), tapi sudah melakukan kegiatan.

“Kegiatan sudah berjalan beberapa hari, belum ada koordinasi dengan pemerintahan desa Suka Jaya, saya sudah tegur pelaksananya melalui sdra Makum,” Ungkapnya.

Lanjut Endah,”Saya bilang ke Makum, koordinasi dulu dengan pihak desa,karena bagaimanapun disetiap wilayah ada pemimpinnya”.

Kenapa disetiap kegiatan fisik perlu adanya papan informasi, tujuannya tidak lain agar masyarakat atau warga mengetahui apa jenis kegiatannya,lokasi proyek ,nomor kontrak,waktu pelaksanaan,nilai kontrak, sumber anggaran,jangka waktu atau lama pengerjaan proyek tersebut.

Menurut informasi di lapangan,jalan paving block ini berasal dari aspirasi partai politik.
(Tisna)