Normalisasi Sungai Bedagai di Rampah Harapan Masyarakat Akhirnya Terwujud

122

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Harapan masyarakat terhadap normalisasi sungai Bedagai/Rampah yang melintasi Kota Kec Sei Rampah dan Kec Tanjung Beringin, Sergai sejak puluhan tahun yang lalu akhirnya terwujud di tahun 2021.

Effendi Rangkuti (69) tokoh masyarakat warga Dusun III Desa Sei Rampah Rabu (7/7) menyatakan sangat berterima kasih terhadap Pemkab Sergai dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Sergai yang telah mengusulkan normalisasi sungai Bedagai.

” Padahal sudah puluhan tahun sungai Bedagai belum dinormalisasi sehingga mengalami pendangkalan yang meng akibatkan sering terjadi.banjir, sebelum nya masyarakat Sei Rampah juga telah mengupayakan pengorekan secara swadaya namun hasilnya belum maksimal Papar mantan Kadus ini.

Dirinya berharap normalisasi dilaksana kan setiap tahun sehingga sampai ke hilir sungai Bedagai di Kec Tanjung Beringin, selain itu tanggul hasil norma lisasi diupayakan dipasang bronjong (tembok penahan) agar tanggul tidak longsor.

” Dengan normalisasi sungai Bedagai kita berharap tidak akan ada banjir lagi terlebih di Kec Sei Rampah khususnya di Dusun I Sinangkong ,Dusun II Kp Keling dan Dusun III Kampung Mandailing serta Dusun VII Kampung Pala Desa Sei Rampah”, harap Effendi Rangkuti.

Hal senada diutarakan Ketua Komunitas Masyarakat Peduli dan Pecinta Sungai (Komppas) Sergai Syaifuddin, menurutnya bahwa normalisasi sungai Bedagai sudah pernah dilakukan tahun 1979, karena sudah puluhan tahun tidak dinormalisasi, terjadi penumpukan sendimen dan pendangkalan sungai sehingga saat musim hujan kerap terjadinya banjir .

” Sebelumnya masyarakat Kec Sei Rampah berinisiatif melakukan pengorekan sungai secara swadaya diawali bulan November 2018 sampai bulan November 2019 dan pada tahun 2021 ini terealisasi normalisasi atas usulan Pemkab Sergai yang dikerjakan oleh pihak BWS Sumut II “, terang Syaifuddin seraya berharap persoalan banjir di Sei Rampah teratasi dengan selesainya normalisasi.

Ketua Komppas juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Sergai atas terwujudnya normalisasi sungai Bedagai yang telah diharapkan masyarakat sejak puluhan tahun yang lalu dengan harapan normalisasi berlanjut sampai ke hulu sungai Bedagai sehingga tidak akan terjadi banjir lagi.

Sebelumnya Kadis PUPR Johan Sinaga mengatakan normalisasi sungai Bedagai merupakan usulan Pemkab Sergai dalam upaya penanggulangan banjir di Sei Rampah ke Kementerian PUPR yang telah terealisasi tahun 2021.

” Normalisasi sungai Bedagai dengan panjang 750 meter sisi kiri dan 750 meter sisi kanan sehingga total kedua sisi 1.500 meter yang dikerjakan pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumut II, kedepan pihak kita akan terus meng upayakan pengusulan ke Kementerian PUPR agar normalisasi sungai Bedagai terus berlanjut hingga ke hulu sungai”, terang Johan Sinaga. (AfGans)