Majukan Wisata Sergai, Darma Wijaya Gandeng Perancang Istana Negara Baru, I Nyoman Nuarta

209

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Komitmen Darma Wijaya – Adlin Tambunan dalam memajukan potensi pariwisata Serdang Bedagai terus menggelora. Bersama tim Percepatan Pembangunan, Darma melakukan diskusi langsung dengan salah satu seniman ternama tanah air, I Nyoman Nuarta.

I Nyoman Nuarta adalah pematung dengan karya diantaranya monumen Proklamasi Indonesia, patung Garuda Wisnu Kencana di Bali, dan sosok dibalik megahnya desain Istana Negara baru di Kalimantan Timur.

Bertempat di galeri miliknya, NuArt Sculpture Park, Jalan Setra Duta Raya No.L6, Ciwaruga, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (13/12/2021), Darma memaparkan sederet potensi pariwisata di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Dengan luas 1.900,22 km2, Serdang Bedagai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang yakni sekitar 51 km. Pantai jadi salah satu wisata unggulan kami. Selain pantai, wisata alam lainnya seperti arung jeram, air terjun juga kami miliki. Pun sama dengan wisata budaya dimana diantaranya kami masih memiliki Pangeran Bedagai dan jejak sejarahnya,” paparnya.

Ia juga menuturkan, keberadaan jalan tol semakin menambah letak strategis kabupaten yang memiliki semboyan Tanah Bertuah Negeri Beradat itu.

“Setidaknya ada lima pintu tol yang lokasinya sangat menguntungkan bagi Sergai, yakni pintu tol Perbaungan, Teluk Mengkudu, Sei Rampah, Tebing Tinggi, dan yang masih dalam pengerjaan yakni pintu tol Dolok Merawan. Kelimanya ini terhubung langsung baik itu dari Medan maupun bandara Kualanamu. Bahkan, pemerintah pusat juga akan menghubungkannya dengan jalur Tebing Tinggi-Siantar-Parapat,” jelasnya.

Dengan dukungan infrastruktur ini, lanjut Darma, konsep pariwisata Sergai tentunya bisa bersinergi dengan kabupaten sekitarnya.

“Misalnya kalau wisatawan dari Danau Toba mau kulineran enak bisa ke daerah pantai di Sergai. Ini tentunya jadi sinergitas yang sangat diharapkan. Jadi, kami berharap Pak Nyoman bisa berkolaborasi dengan kami untuk wisata Sergai,” imbuhnya lagi sembari mengungkapkan wisata maju terus jadi salah satu turunan visi misinya bersama Adlin Tambunan yang tercantum dalam poin ke-6 Sapta Dambaan.

Menanggapi paparan Darma, I Nyoman Nuarta langsung memberikan respon baik. Tak muluk-muluk, seniman asal Bali yang kini menetap di Bandung itu akan mengutus timnya yang cakap dalam pengembangan pariwisata untuk melakukan peninjauan ke Sergai.

“Menarik sekali. Majunya sebuah pariwisata memnag butuh kolaborasi untuk memunculkan inovasi. Gak lama-lama, saya akan utus tim pengembangan pariwisata untuk melihat Serdang Bedagai secara langsung sekaligus menyusun studi rencana pengembangan seperti apa yang cocok,” ungkapnya.

Turut hadir dalam diskusi Kepala Bappeda Serdang Bedagai Rusmiani Purba, SP, M.Si, Tuani Lumban Tobing selaku Ketua Tim Percepatan Pembangunan (TPP) Kabupaten Serdang Bedagai, Wakil Bupati Toba, Sekretaris TPP Kab. Serdang Bedagai, Budi, SE, MM, serta anggota TPP Kab. Serdang Bedagai.

Dalam kunjungan tersebut, Nyoman turut mengajak rombongan berkeliling NuArt Sclupture Park untuk melihat sederet koleksi patung yang terpajang. (AfGans)