Lewat Program GAK, 349 Guru Sekolah Minggu se-Kab. Sergai Terima Insentif Rp1,2 Juta Sepanjang Tahun 2021

161

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Sepanjang 2021,sebanyak 349 Guru Sekolah Minggu se-Kabupaten Serdang Bedagai(Sergai) telah menerima insentif Rp1,2 juta dari Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai melalui program Gerakan Aksi Kasih (GAK).

Hal ini disampaikan oleh Fajar Simbolon selaku Ketua Pengurus GAK didampingi Bendahara Liagustina Simamora saat menyampaikan laporan kinerja kepada Bupati Serdang Bedagai di ruang rapat, Kamis (17/2/2022).

Fajar menjelaskan bahwa insentif guru sekolah minggu diperoleh dari 2,5 persen tunjangan penghasilan pegawai (TPP) 1.960 ASN Nasrani yang berasal dari 47 OPD.

“Untuk tahun lalu, sudah ditunaikan semuanya per tiga bulan tahun lalu. Pembayaran langsung masuk ke rekening penerima,” kata dia.

Ia mengungkapkan bahwa dana yang masuk sepanjang tahun 2021 mencapai Rp1 milyar.

“Dana yang terkumpul mencapai Rp1 M ini kita peruntukkan juga untuk membantu rehab pemba ngunan rumah ibadah, rumah dinas pendeta, hingga perayaan hari besar Kristiani,” sambungnya.

Setidaknya sepanjang 2021 program GAK telah membantu 7 gereja yakni Gereja HKBP Petuaran Kecamatan Perbaungan, HKBP Sei Priok, HKI Sei Baru, GKPI Belidaan, GKPI Sei Rampah, gereja Ressort Kampung Pon, dan Gereja Ressort Bandar.

Kemudian bantuan juga telah diberikan kepada rumah dinas GKPS Ressort Lubuk Pakam Perbaungan. Begitupun dengan perayaan hari besar.

Di tahun 2022, lanjut Fajar, pihaknya tidak menutup kemungkinan jumlah penerima guru sekolah minggu bertambah sesuai dengan rekomendasi dari gereja.

“Khusus untuk guru sekolah minggu, kami tetap menerima rekomendasi dari pihak gereja yang diketahui oleh Camat dan pihak berwenang setempat. Sehingga penerimanya jelas,” paparnya.

Kinerja ini pun diapresiasi oleh Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya. Ia meminta GAK terus bekerja dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Saya berterima kasih kepada GAK yang terus berkomitmen untuk memantau dan bekerja agar program GAK berjalan. Program ini kita harapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya guru Sekolah Minggu,” pungkasnya. (AfGans)