Pemkab Sergai Gelar Pasar Murah di Sei Rampah dan Teluk Mengkudu, Jum’at di Perbaungan

160

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Gelaran pasar murah kembali dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai). Kali ini kegiatan tersebut diadakan di Pasar Rakyat Sei Rampah dan Teluk Mengkudu, Kamis (17/2/2022).

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya, saat ditemui di ruang kerjanya, di Kantor Bupati Sergai, menyampaikan jika pasar murah ini difokuskan untuk menyediakan stok minyak goreng bagi masyarakat di tengah langkanya ketersediaan kebutuhan harian tersebut di pasar.

“ Seperti kita ketahui bersama, beberapa waktu belakangan pasokan minyak goreng di pasar cenderung langka. Bahkan sebelumnya harganya sempat melonjak cukup tinggi, sebelum akhirnya pemerintah pusat turun tangan menstabilkan harga,” ucap Darma Wijaya.

Bupati melanjutkan, jika kegiatan pasar murah ini bukan kali pertama dilaksanakan. Sebelumnya, pasar murah yang meyediakan minyak goreng murah bagi warga sudah lebih dulu digelar di Tanjung Beringin dan Dolok Masihul.

Tak hanya bertujuan untuk menstabilkan pasokan minyak goreng saja, Darma Wijaya meng ungkapkan jika kegiatan ini juga dirangkaikan dengan upaya untuk mendukung program vaksinasi di Kabupaten Sergai.

Hal ini, sebutnya, terlihat dari disiapkannya Tim Vaksinator dari Dinas Kesehatan untuk menjaring masyarakat yang belum atau ingin menjalani vaksinasi dosis I, II maupun vaksin booster.

“ Seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden, ada 2 aksi utama yang perlu dilaksana kan untuk menghadapi gelombang 3 pandemi Covid-19. Yang pertama adalah disiplin protokol kesehatan, terutama penggunaan masker saat beraktivitas. Yang kedua, menyukseskan program vaksinasi,” tegasnya.

Dirinya menginformasikan, dalam pelaksana an pasar murah ini, pembeli diprioritaskan adalah masyarakat yang sudah menjalani vaksin, dibukti kan dengan menunjukkan sertifikat vaksinasi baik dalam bentuk fisik atau yang sudah tersedia di aplikasi PeduliLindungi.

“ Saya berharap kegiatan pasar murah ini mampu memenuhi tujuannya yaitu untuk memini malisir kelangkaan stok minyak goreng sekaligus membantu menaikkan angka capaian vaksinasi di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,” tandas Bupati.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Sergai Roy Christian Paul Sitorus Pane AP, M.Si, mengatakan jika pelaksana an pasar murah ini merupakan sinergi Pemkab Sergai dengan PT. Musim Mas yang dilaksanakan di dua lokasi.

“ Sebelumnya kami sudah menyurati empat perusahaan produsen minyak goreng, salah satu nya PT. Musim Mas, untuk ikut bekerja sama dalam upaya mengatasi langkanya stok minyak goreng di pasaran,” terangnya.

Dia menambahkan, untuk hari ini disediakan total 5 ton minyak goreng dengan jatah 3.5 ton untuk Pasar Rakyat Sei Rampah dan sisanya sebanyak 1.5 ton dijajakan di Teluk Mengkudu. Roy mengutarakan, pasar murah akan kembali dilaskanakan besok (18/2) di Perbaungan dengan alokasi stok sebanyak 5 ton.

“ Mekanisme pembelian yang ditentukan adalah untuk yang sudah vaksin I diberi jatah maksimal beli 2 liter, untuk yang sudah vaksin II sebanyak 4 liter dan bagi yang sudah vaksin booster jatahnya 6 liter. Ini dibuktikan dengan menunjukkan sertifikat vaksinasi,” ucapnya, sembari menambahkan jika minyak goreng kemasan ini dibandrol Rp 13.500,- per liternya.

Kadis Perindag berharap, kedepan para produsen minyak goreng bisa tetap ikut menjalin kerja sama dengan Pemkab Sergai dalam mengatasi kelangkaan minyak goreng di Kabupaten Sergai. (AfGans)