Launching Batik dan Baju Adat Daerah Kabupaten Nias Barat Sekaligus Pencanangan Program Pemakaian Seragam

195

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Barat launching Batik dan Baju Adat daerah Kabupaten Nias Barat sekaligus pencanangan program pemakaian seragam batik daerah pada instansi pemerintah/non pemerintah dan sekolah yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati, Onolimbu, Kecamatan Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Rabu (10/11).

Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu dalam arahannya menyampaikan bahwa, launching batik daerah Kabupaten Nias Barat yang dilaksanakan hari ini sebagai bentuk penghormatan terhadap warisan dan hasil karya seni yang terus tumbuh dan berkembang di Nias Barat.

Menggunakan Batik daerah, Kata Khenoki Waruwu merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan kebudayaan daerah sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dengan menggunakan batik daerah Nias Barat sama halnya kita telah ikut mempertahankan kebudayaan daerah Nias Barat, sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat, ujarnya.

Disampaikannya tujuan launching Batik dan Baju Adat Daerah Kabupaten Nias Barat, antara lain: 1) Sebagai upaya pelestarian dan pengembangan potensi asli daerah, 2). Sebagai dokumentasi kekayaan budaya yang ada di Kabupaten Nias Barat, 3) sebagai penghargaan terhadap hasil karya budaya leluhur.

Acara turut dihadiri oleh Sekda Prof. Dr. Fakhili Gulo, Ketua DPRD Evolut Zebua, Kepala OPD Lingkup Pemkab. Nias Barat, Kapolsek Mandrehe AKP Bruno Harefa, Kapolsek IPDA Osiduhugo Daeli, Danramil 09 Sirombu Kapt. Inf. Elifati Zebua dan hadirin lainnya. (Wardiy)