Lahirkan Generasi Muda Hebat, Kuat, Berjiwa Enrepreneur Melalui Masjid Mandiri

216

MEDAN ketikberita.com | Pemko Medan memiliki program Rumah Ibadah Mandiri, khususnya Masjid Mandiri. Program ini juga diluncurkan untuk para generasi muda. Melalui program ini diharapkan akan lahir generasi muda hebat dan kuat serta memiliki jiwa entrepreneur yang tinggi.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam Bakti Sosial dan Silaturahmi yang digelar Forum Entrepreneur Muda Masjid Indonesia (FORMASI) Kota Medan di Taman Edukasi Kreatif Andasari Taman Danasoba Kreatif Andansari, Jalan Durung I, Kelurahan Terjun, Medan Marelan, Senin (31/7).

“Seperti yang kita ketahui, program Masjid Mandiri tidak hanya menjadikan masjid sebagai tempat ibadah saja, tetapi juga untuk mendapatkan berbagai ilmu seperti menjalankan ekonomi, bisnis serta kehidupan bermasyarakat. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada Formasi Kota Medan yang telah menyumbangkan ide Masjid Mandiri ini,” kata Bobby Nasution.

Selanjutnya, Bobby Nasution mengungkapkan, Pemko Medan bersama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) tengah membangun Mal UMKM. Oleh karenanya, menantu Presiden Joko Widodo ini berpesan kepada Kadis Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Medan Benny Iskandar Nasution untuk dapat melibatkan Formasi Kota Medan dan menyediakan tenant untuk mereka nanti.

“Dari situ kita dapat menunjukkan bahwa Kota Medan memiliki gerakan remaja masjid yang tidak hanya memiliki tugas di dalam masjid, tetapi juga di luar masjid seperti melakukan kegiatan ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Kepada Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan, Bobby Nasution minta menyediakan pelatihan barista untuk Formasi Kota Medan agar mendapatkan sertifikat sehingga memudahkan mereka bekerja dan mendapatkan gaji yang sesuai.

“Apabila seseorang memiliki skill yang bagus dan memiliki sertifikat atas skill tersebut, maka dia akan mendapatkan nilai jual tambah,” jelasnya

Menyikapi keluhan warga yang disampaikan Dra Hj Maini, tokoh masyarakat Kecamatan Medan Marelan terkait drainase, Bobby Nasution menyampaikan akan mencari solusi melalui Dinas Pekerjaan Umum menjadi Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (SDABMBK).

“Nanti kita lihat dulu permasalahan yang ada dan segera mencari solusinya. Semua pasti ada prosesnya. Mudah-mudahan dapat segera kita laksanakan,” paparnya. (red)

 

Sebelumnya, Ketua Formasi Kota Medan Bukhori Abdurahman mengatakan, Formasi sangat mendukung program masjid mandiri yang digagas Wali Kota Medan.

“Kami siap mendukung program Bapak Wali Kota seperti di bidang ekonomi kreatif melalui program Masjid Mandiri. Dengan demikian para remaja masjid akan menjadi lebih kreatif dan mendapatkan lapangan pekerjaan,” kata Bukhori