KPw BI Sumut IGP Wira Kesuma, Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 2023 Sebesar 5,17 Persen

206

MEDAN ketikberita.com | Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sumatera Utara (Sumut), IGP Wira Kusuma, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia terkini secara global terus berlanjut pada triwulan II-2023 yaitu sebesar 5,17% (yoy), menguat dari triwulan I-2023 sebesar 5,04 % (yoy).

“Sumber pertumbuhan, terutama dari kuatnya permintaan domestik, seiring dengan kenaikkan pertumbuhan konsumsi rumah tangga serta peningkatan investasi ditengah kinerja ekspor yang menurun yang disebabkan melemahnya perekonomian dan harga komoditas Dunia,” hal ini disampaikan KPw BI Sumut, IGP Wira Kusuma, pada kegiatan Bincang Bareng Media (BBM) bersama wartawan di lantai 6 gedung BI Sumut, Jln Balai Kota, Jum’at (8/9/2023).

Hadir mendampingi Deputi Kepala KPwBI Sumut, Suharman Tabrani, Wira Kusuma, Indra Kuspriyadi sebagai Kepala Devisi Inplementasi, yang menambahkan, bahwa penanganan atas inflasi yang terjadi sudah sangat baik.

“Terkait kenaikan komoditi beras, saat ini Bank Indonesia terus bersinergi dengan semua pemangku kebijakan, ini salah satu langkah mengantisipasi tidak terjadinya inflasi di Sumut,” papar IGP Wira Kusuma lagi.

Sementara perekonomian secara global, lanjut Wira, BI memperkirakan pertumbuhan untuk mencapai 2,7% (yoy), bahwa perekonomian secara global semakin menaikkan pasar keuangan dengan mendorong aliran dana kenegara berkembang lebih cepat.

“Namun, pemulihan perekonomi Indonesia terus berlanjut pada triwulan II 2023. Sehingga ekonomi Sumut tumbuh di triwulan II-2023 sebesar 5,19% (yoy), meningkat dari periode sebelumnya,” ujarnya.

Sedangkan untuk Outlook di Sumut, diperkirakan tetap kuat pada 2023. Karena tekanan inflasi di Sumut diperkirakan menurun pada 2023, namun terdapat beberapa resiko pendorong, dan sesuai hasil keputusan RDG pada 23-24 Agustus kemarin, bahwa BI tetap mempertahankan BI7DRR sebesar 5,75%, imbuhnya.

Sedangkan Indra Kuspriyadi selalu Kepala Devisi Implementasi menambahkan, bahwa kegiatan BBM yang di ikuti sebanyak 30 media yang tergabung dalam Group Wartawan Ekonomi Bisnis yang diwarnai tanya jawab dan sebagian mengikuti secara daring yang diakhiri dengan sesi foto bersama, Kepala BI dan jajaran serta para awak media. (red)