KPw BI Sumut Bantu Sarana Produksi Air Minum di Pondok Pesantren Al-Uswah

85

MEDAN ketikberita.com | Dalam rangka penguatan kapasitas ekonomi, Bank Indonesia (BI) juga senantiasa mendorong pemberdayaan ekonomi syariah secara masif dan berkesinambungan, sehingga dapat menciptakan nilai tambah bagi masyarakat dan berbagai institusi terkait, termasuk di antaranya yaitu Pondok pesantren (Ponpes).

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Doddy Zulverdi saat meresmikan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa Sarana Produksi Air Minum Dalam Kemasan di Pondok Pesantren Al-Uswah, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumut, Selasa (08/03/2022).

Kegiatan yang turut dihadiri Anggota Komisi XI DPR RI, Hidayatullah, Asisten Administrasi Umum mewakili Bupati Langkat, Musti, Ketua Umum MUI Langkat, H Zulkifli Ahmad Dian, Kepala Kantor Kemenag Langkat, H Zulfan Efendi, Ketua Hebitren Provinsi Sumut, Ustadz Miftakhuddin dan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Uswah, Ustadz Agus Salim Sunarto tersebut, Kepala KPw BI Provinsi Sumut ini juga menyampaikan pesantren sebagai bagian integral masyarakat memiliki peran dan tanggungjawab untuk mengembangkan dan memberdayakan masyarakat dalam segala bidang termasuk dalam bidang ekonomi syariah.

“Sebagai wujud untuk mendukung penguatan ekonomi syariah tersebut, KPwBI Provinsi Sumut memberikan bantuan sarana produksi air minum dalam kemasan di Pondok Pesantren Al-Uswah, setelah sebelumnya juga telah memberikan bantuan berupa instalasi air bersih (Sumur bor) pada tahun 2020, “terangnya.

“Kami mengharapkan agar bantuan ini bisa dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan air minum bagi pesantren, serta ke depannya dapat dijual kepada masyarakat agar menghasilkan pendapatan (Income) bagi pesantren, “sambungnya.

Selain bantuan sarana tersebut bilang Doddy Zulverdi lagi, KPwBI Provinsi Sumut juga akan memberikan bantuan dalam bentuk Capacity Building mengenai Pengelolaan Air Bersih yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 -10 Maret 2022.

Berbagai bantuan yang diberikan melalui Program Sosial Bank Indonesia tersebut tentu diharapkan dapat meningkatkan kemandirian ekonomi pesantren, sekaligus mendorong kesejahteraan masyarakat di wilayah sekitar pondok pesantren.

“Kami sangat berharap bantuan-bantuan tersebut dapat menjadikan Pondok Pesantren Al-Uswah semakin berkembang, mandiri serta memiliki kegiatan usaha yang profesional guna mendukung operasional pesantren. Bantuan tersebut juga tentunya diharapkan dapat mendukung kelancaran proses belajar mengajar, serta memperkuat eksistensi pesantren sebagai bagian dari solusi pengentasan kemiskinan serta pengangguran untuk mendorong kesejahteraan masyarakat, “tutup Doddy Zulverdi mengakhiri kata sambutannya. (er)