Janda Tua di Sergai Harap Bantuan Untuk Makan Sehari-Hari

176

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Sungguh mengharukan melihat nasib yang dialami oleh Nek Indamah (73) janda tua, berdomisili di Dusun II Desa Pematang Guntung, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut). Ia tinggal seorang diri setiap hari di dalam rumah yang berukuran 4 mx4m, berdindingkan tepas, beratapkan Seng, berlantaikan semen, tanpa ada dapur dan kamar mandi.

Setiap hari Nek Indamah keluar dari rumah jika ingin mandi untuk mengambil air dari Sumur yang berjarak 4 meter dari rumahnya. Air tersebut harus dikumpulkan terlebih dahulu dalam ember yang berada di belakang rumah dan selanjutnya baru bisa dipergunakan untuk mandi.

Hal tersebut, disebabkan Nek Indamah hanya miliki kamar WC yang digunakan untuk buang air besar dan kecil terbuat dari Goni bekas yang dijahit. WC tersebut berada di belakang rumah berjarak lebih kurang 7 meter.

“Kondisi sulit itu sudah dialaminya lebih kurang 18 tahun lamanya. Ia ditinggalkan sang suami tercinta (meninggal dunia) lebih kurang 20 tahun.” Dari pernikahan dengan sang suami, dikarunia 3 orang, semuanya sudah berkeluarga dan tinggal di rumah masing-masing.

Kini kata Nek Indamah, untuk makan, minum dan memasak makanan keseharian terpaksa menunggu bantuan dari tetangga. Jika tidak ada bantuan beli gas,ia terpaksa masak dengan menggunakan kayu bekas yang dikumpulkan dari belakang rumah tetangga.

Dan menurut pengakuannya, Minggu (6/8/2023), sudah hampir setahun ia tidak pernah lagi memperoleh dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah. Jika tak salah sebutnya, BLT terakhir diterimanya pada Juli 2022.

Bantuan Lansia (Lanjut Usia) juga tidak pernah ia terima,begitu juga bantuan rumah tak layak huni. Padahal, ia sangat mengharapkan bantuan tersebut. Ia mengucapkan banyak terimakasih kepada Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Sergai yang juga Pimpinan Media Online Sinarsergai.com Zuhari yang telah peduli dengan nasib janda tua dan miskin. Bantuan Beras, Gula dan Minyak Goreng ini sangat membantu sekali baginya.

Semoga Allah SWT memberikan kesehatan kepada Zuhari, rezeki yang melimpah, dimudahkan segala urusan,dijauhi dari segala perbuatan dengki dan jahat setiap saat.Do’a Nek Indamah.

“Sesungguhnya katanya, ia sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah Pusat,Propinsi dan daerah untuk perbaiki rumah dan bantuan sembako untuk makan sehari-hari.” Ucapnya dengan nada sedih. (zu)