Sambut HUT RI Ke – 78, Rutan Labuhan Deli Sumut Bersama Yayasan Maha Karuna Gelar Bakti Sosial Kesehatan Gratis

109

LABUHAN DELI (Sumut) ketikberita.com | Dalam menyambut HUT Republik Indonesia Ke – 78, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Labuhan Deli Kanwil Kemenkumham Sumut bekerjasama dengan Yayasan Maha Karuna gelar Bakti Sosial Kesehatan Gratis Kepada Warga Binaan Pemasyarakatan, bertempat di Rutan Labuhan Deli, Minggu (06/08/2023).

Bakti sosial ini dihadiri langsung oleh Kepala Rutan yang diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Benny Tarigan, Ka.KPR, Asrul Harahap, Kasubsi Administrasi dan Perawatan, Jonathan Biloro, Tim Medis Klinik Pratama Rutan Labuhan Deli, jajaran Staf Pengamanan serta Tim Yayasan Maha Karuna.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dibuka langsung oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Benny Tarigan. Dalam sambutannya beliau mengatakan “Bakti sosial kesehatan ini adalah suatu kegiatan yang sangat positif untuk dilakukan. Hal ini pastinya akan memotivasi para WBP agar dapat menjaga kebersihan lingkungan di dalam Rutan, juga saling peduli dengan sesama warga binaan untuk saling menjaga kesehatan. Kita harapkan kegiatan ini dapat berjalan terus ke depan”. Pungkas Benny.

Sebanyak 517 Orang Warga Rutan Labuhan Deli turut berpartisipasi dalam melakukan bakti sosial kesehatan ini, adapun kegiatan yang dilakukan meliputi pengobatan umum, pengobatan spesialis kulit, pengobatan spesialis THT, pengecekan gula darah, pengobatan kolestrol, pengecekan asam urat, pemeriksaan gigi, pencabutan gigi, akupuntur, dan pembagian kacamata baca kepada Petugas dan warga binaan.

Tidak hanya WBP, petugas pun ikut memeriksa kondisi kesehatannya guna melakukan pencegahan dini dari berbagai macam penyakit. Respon positif juga datang dari para Warga Binaan, dimana Warga Binaan turut terbantu dari segi pengecekan kesehatan dan pengobatan yang diberikan secara gratis.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan Rutan Labuhan Deli dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia Ke – 78 Tahun 2023. Rutan Labuhan Deli menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak yayasan Maha Karuna yang telah melaksanakan kerjasama kegiatan Bakti Sosial ini, diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat membantu warga binaan pemasyarakatan untuk selalu sehat dan produktif serta mengetahui gejala – gejala awal dari penyakit yang di derita oleh warga binaan pemasyarakatan.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan kondusif, seluruh kegiatan dipantau ketat oleh jajaran Staf Pengamanan. (Erich S)