Jaga Ekosistem Laut, Pemkot Gunungsitoli Meletakkan Rumah Ikan di Luahalaraga

105

GUNUNGSITOLI (Sumut) ketikberita.com | Kepala Dinas Perikanan M. Syarif Siregar mengatakan tujuan dibuat rumah ikan ini untuk menjaga ekosistem laut, ikan maupun hewan laut lainnya bisa berkembang biak di rumah ikan ini.

” Juga sebagai upaya merevitalisasi habitat yang rusak sehingga meningkatkan produktifitas para nelayan,” kata Syarif disela peletakan rumah ikan di desa Luahalaraga, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Jumat 17 November 2023.

Syarif menerangkan, per desa Desa Luahalaraga, Desa Fodo, Desa Olora, Desa Saewe, Desa Sifalaete masing-masing satu unit terdiri dari 35 modul rumah ikan.

Kepala Bapelittbang Kota Gunungsitoli, Karya Septianus Bate’e yang turut hadir saat peletakan rumah ikan tersebut menyampaikan bahwa program pembuatan rumah ikan tersebut merupakan hasil kolaborasi perencanaan dari semua pihak terkait di Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Harapannya dapat memberikan dampak secara langsung pada peningkatan ekonomi bagi nelayan tradisional.

” Pemerintah Kota Gunungsitoli selalu berupaya menyusun perencanaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, terutama dalam program-program yang berdampak untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Namun tidak semua dapat dipenuhi sekaligus, karena ada keterbatasan dalam ketersediaan anggaran, “ungkapnya. (Wardiy)