Ini 10 Besar Bakal Calon Anggota KPU Kota Tebing Tinggi Periode 2023-2028, Hanya Tersisa 1 Petahana

214

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota Gelombang 6 di Zona VI Provinsi Sumatera Utara (Sumut), secara resmi kembali mengumumkan hasil seleksi lanjutan yakni Tes Kesehatan dan Tes Wawancara bagi bakal calon anggota KPU Kota Tebingtinggi periode 2023-2028.

Hasil tes kesehatan dan wawancara itu diumumkan Timsel pada Sabtu (29/7/2023) malam, sekitar pukul 22.38 WIB, melalui portal website resmi KPU Provinsi Sumut (sumut.kpu.go.id).

Pengumuman disampaikan Timsel dengan surat pengumuman bernomor : 013/TIMSEL KK-GEL.6-PU/04/12-6/2023, tentang penetapan hasil tes kesehatan dan wawancara bakal calon anggota KPU di gelombang 6 untuk zona VI Sumut, diantaranya Kota Tebingtinggi, Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan.

Dalam surat pengumuman yang ditandatangani Ketua Timsel yakni Dr. Vita Cita Emia Tarigan, S.H, LL.M dan sekretaris Nelly Armayanti SP, M.SP, terdapat 10 nama dari masing-masing Kabupaten/Kota diumumkan secara serentak, termasuk 10 nama bakal calon anggota KPU Kota Tebingtinggi yang telah lulus mengikuti tes kesehatan dan wawancara yang telah dilaksanakan sejak tanggal 18-25 Juli 2023 lalu di Kota Medan.

Sesuai dengan pengumuman sebelumnya, bahwa Timsel hanya mencari 10 besar dari 20 peserta yang telah lolos ditahapan tes tertulis dan psikologi. Dimana 10 peserta bakal calon anggota KPU yang telah lulus seleksi akan disampaikan oleh Timsel ke KPU RI paling lambat tanggal 31 Juli 2023, kemudian 10 nama bakal calon anggota KPU Kota Tebingtinggi itu akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) oleh KPU RI.

Berikut 10 nama bakal calon anggota KPU Kota Tebingtinggi periode 2023-2028 yang lulus tes kesehatan dan tes wawancara, diantaranya Emil Sofyan, Halda Qemlani Pane, Jhonni Sitompul, Leonard Varera Tampubolon, M. Imam, M. Syahri Ramadhan Damanik, M. Zen Agustar, Muhammad Iqbal, Sudarman, Syaifuddin Okta Rambe.

Dari 10 bakal calon anggota KPU Kota Tebingtinggi yang lulus tes kesehatan dan tes wawancara, hanya tersisa 1 nama anggota komisioner aktif (petahana) yang lulus. Selain itu, terdapat nama komisioner Bawaslu Kota Tebingtinggi yang masih aktif yakni Halda Qemlani Pane dan beberapa komisioner Panwascam dan PPK serta ada juga dari luar penyelenggara pemilu yang lulus dan mereka aktif di organisasi kemasyarakatan di Kota Tebingtinggi. (ar)