HUT Ke-9 RSUD Kota Tangerang Resmikan Layanan Unggulan Orthotic Prostetic dan Trauma Center

195

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-9, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang memberikan kado terindah untuk warga Kota Tangerang dan sekitarnya dengan membuka pelayanan terbaru yaitu Orthotic Prostetic dan Trauma Centre di lantai tiga, Jumat (10/3/23).

Ya, dua layanan tersebut merupakan layanan unggulan terbaru yang berhasil mendaulat RSUD Kota Tangerang sebagai satu-satunya rumah sakit milik pemerintah di Provinsi Banten yang mampu memberikan fasilitas terbaik.

Peresmian yang berlangsung di halaman RSUD Kota Tangerang diresmikan langsung oleh Direktur RSUD Kota Tangerang dr. O.U Taty Damayanti dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr.Dini Anggraeni, perwakilan rumah sakit dan Puskesmas se-Kota Tangerang, mitra kerja, serta seluruh civitas hospitalia.

Usai peresmian, Direktur RSUD Kota Tangerang dr. O.U Taty Damayanti menuturkan, peresmian dua layanan unggulan terbaru ini sebagai bentuk inovasi dalam menjawab problematika kesehatan yang ada. Serta, dilakukan untuk menunjang profesionalisme di lingkungan kerja RSUD Kota Tangerang.

Dikatakannya, berdasarkan data yang dikumpulkan, terdapat banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas dan kecelakaan kerja yang terjadi di Kota Tangerang dan sekitarnya. Mengenai itu, catatan Instalasi Rehabilitasi Medis juga menunjukkan banyaknya permintaan untuk memenuhi kebutuhan tersebut akibat kasus-kasus tersebut.

“Oleh karenanya, setelah melakukan persiapan yang cukup, kami resmi meluncurkan dua layanan unggulan ini,” papar Direktur kepada media.

Lebih lanjut, Untuk memfasilitasinya, dr. O.U Taty Damayanti mengatakan bahwa
Trauma Center kami sudah memiliki sumber daya manusia-nya seperti dokter bedah mulut, dokter bedah ortopedi, kemudian untuk kebidanan. Untuk trauma kepala kita punya dokter bedah saraf, dan kami memiliki fasilitas yang mendukung untuk melakukan trauma healing.

Untuk Ortotik dan Prostetik kita punya bengkel sendiri, sehingga memudahkan pasien tidak menunggu lama untuk melakukan terapi.

Selain itu, RSUD juga mempermudah pelayanan tersebut, terutama dalam mengakses pendaftaran di RSUD Kota Tangerang, pasien umum dapat menggunakan WhatsApp Pendaftaran, kemudian untuk penjaminannya BPJS bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN untuk mendaftar, kemudian dating ke kios QR Code RSUD Kota Tangerang lalu langsung dilayani di instalasi terkait.

Sementara, kalau unutuk Ortotik dan Prostetik biasanya pasien yang ingin menggunakan BPJS harus melalui tahapan, yaitu ke Ortopedi terlebih dahulu kemudian ke rehab medik dan untuk trauma center bisa langsung ke IGD.

“Kalau menggunakan BPJS itu full gratis dari kaki palsu dan seperti kasus yang waktu lalu full gratis kaki palsu dengan ketentuan BPJSnya aktif. Untuk Ortotiknya, korset juga gratis, untuk gangguan leher ortokolarneck itu juga gratis. Banyak yang karena trauma lehernya menjadi kaku dan lainnya itu juga gratis dengan jaminan BPJS yang aktif. Kalau untuk yang kelainan kaki dan ingin membuat sepatu khusus itu belum dijamin oleh BPJS dan masih berbayar umum,” katanya.

Kemudian, dr. O.U Taty Damayanti menambahkan untuk trauma center itu dengan penjamin BPJS atau kecelakaan lalu lintas itu masih dijamin oleh Jasa Raharja dan untuk karyawan ada BPJS ketenagakerjaan. “Jadi kita sudah melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan BPJS, Jasa Raharja dan BPJS Kesehatan,” sambungnya.

Adapun pelayanan unggulan RSUD terhitung dua tahun ini yaitu Klinik Dengar, Hearing Solution, Tumbuh Kembang dan sekarang ini Trauma Center, Ortotik, Prostetik. Kemudian ada Klinik Nyeri yang masih berbayar umum karena belum bekerja sama dengan BPJS.

Oleh karenanya, dengan adanya pelayanan unggulan yang diberikan RSUD Kota Tangerang untuk masyarakat, dr. O.U Taty Damayanti berharap pelayanan Ortotik, Prostetik dapat dimanfaatkan dan dirasakan dengan baik oleh masyarakat khususnya masyarakat Kota Tangerang.

“Karena ini ada penjaminan BPJS jadi full gratis. Faktanya daripada ngesot lebih baik pakai kaki palsu agar bisa mandiri tanpa bantuan orang lain untuk melakukan aktifitas kesehariannya,” tukasnya.

Kadinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni mengatakan, di usia Ke-9 tahun ini, RSUD Kota Tangerang mengeluarkan program layanan terbaru yaitu layanan inovasi unggulan Ortotik, Prostetik dan Trauma Center, namun sebelumnya juga di tahun 2022 RSUD telah mengeluarkan pelayanan Hearing Solution dan lainnya.

Menurutnya, program pelayanan yang diluncurkan tersebut merupakan pelayanan untuk masyarakat Kota Tangerang. Mudah-mudahan untuk setiap tahunnya, RSUD Kota Tangerang mampu memberikan layanan-layanan unggulan lainnya, agar kita dapat memberikan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat Kota Tangerang.

“Harapannya semoga RSUD Kota Tangerang dapat terus berinovasi setiap tahunnya, Berkolaborasi dalam berinovasi untuk mewujudkan pelayanan Kesehatan yang professional,” pungkasnya.

Seperti diketahui, untuk Trauma Center pelayanannya cepat tanggap sehingga angka kematian akibat trauma bisa berkurang. Pelayanan Trauma Center melayani 24 jam IGD setiap harinya, sedangkan untuk Ortotik, Prostetik dari Senin sampai Sabtu dari pukul 7.30 wib hingga pukul 14.00 wib. (Mir)

Artikulli paraprakRagam Hiburan & Doorprize Warnai Malam Puncak Festival Film Pendek & Foto Lensa Presisi
Artikulli tjetërEdy Rahmayadi : FKPPI Gelorakan Semangat Bela Negara