Hari Ini Kementerian Agama Launching Desa Batunadua Sebagai Kampung Moderasi Beragama di Taput

268

TAPANULI UTARA (Sumut) ketikberita.com | Hari ini Jum’at 21/7/2023 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapanuli Utara kembali Launching Kampung Moderasi Beragama di Desa Batunadua Kecamatan Pangaribuan.

Kampung Moderasi Beragama merupakan program nasional Kementerian Agama Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk membentuk beberapa desa atau kelurahan yang masyarakatnya bersikap atau menjalankan praktik moderasi dalam bermasyarakat.

Penentuan desa atau kelurahan yang ditetapkan sebagai kampung Moderasi Beragama juga dinilai dari beberapa aspek seperti kepercayaan, agama, ras, adat istiadat dan kebudayaan lokal.

Untuk Kabupaten Tapanuli Utara sendiri telah ditetapkan dua desa sebagai piloting Lokasi Kampung Moderasi Beragama tahun 2023 yaitu desa Sitolu Bahal Kecamatan Purba Tua dan Desa Batunadua Kecamatan Pangaribuan. Kedua desa yang ditetapkan dengan parameter dan keunikan masing-masing.

Acara Launching Kampung Moderasi Beragama Desa Batunadua bertempat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pangaribuan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapanuli Utara Tigor Sianturi S.PAK. MM yang didampingi Kasi Bimas Islam Ainuddin Ujung M.A, ketua Pokja Penyuluh Agama Islam Roida Royani Gultom S.Ag, Kepala Desa Batunadua, Kasi Urag Kristen, Kasi PHU, Kasi Pendis, Penyuluh Agama Islam, Penyuluh Agama Kristen dan Tokoh Masyarakat Desa Batunadua.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tapanuli Utara mengungkapkan rasa bangganya kepada warga desa Batunadua yang telah lama menjalankan sikap moderasi dalam kehidupan bermasyarakat.

“Saya sudah melihat di Tapanuli Utara, khususnya di Desa Batunadua sudah lama menjalan nilai moderasi dalam kehidupan sehari-hari, dapat kita lihat dalam pesta-pesta di daerah Tapanuli Utara, masih banyak yang menjalankan tradisi atau adat dalam berpesta. Baik itu agama Islam atau Kristen, semua masih menjalankan pesta adat dengan baik di daerah ini” ungkap Tigor Sianturi.

Selain itu Tigor Sianturi juga berharap agar warga Desa Batunadua dapat bekerjasama dengan Penyuluh yang ada di Kecamatan Pangaribuan untuk dapat mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya moderasi beragama.

Kepala Kantor kembali menegaskan bahwa penyuluh agama adalah garda terdepan yang dapat membantu mensukseskan program moderasi beragama, untuk itu saya berharap Penyuluh agama dapat bekerjasama dengan Kepala Desa, Pengurus Ormas, dan warga desa Batunadua agar dapat mengamalkan sikap moderasi beragama di desa ini. (ARS)