Hadiri HUT ke-71 Ikatan Bidan Indonesia, Wabup Toba Berharap Bidan Fokus Cegah Stunting

34

KAB TOBA (Sumut) ketikberita.com | Wakil Bupati Toba,Tonny M.Simanjuntak mengajak para bidan di Kabupaten Toba yang tergabung dalam organisasi Ikatan Bidan Indonesian (IBI) untuk memberikan layanan terbaik pada masyarakat, terutama dalam pencegahan kasus stunting di daerah ini.

“Lakukan sosialisasi dan edukasi kesehatan kepada masyarakat, mari bersama-sama dan ikut ambil bagian dalam upaya mencegah dan meminimalisir angka stunting di Kabupaten Toba. Kalau kita bersama-sama dan bersinergi, persoalan stunting ini bisa kita atasi,” kata Wabup Tonny saat menghadiri perayaan puncak Peringatan HUT ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Pengurus Cabang Toba, di aula RM Sinar Minang Balige, Kamis (29/9/2022).

Sebelumnya ,mengawali sambutannya, Wabup Tonny yang juga Ketua Tim Penanganan Stunting di Kabupaten Toba ini menyampaikan salam kepada para anggota IBI dari Bupati Toba,Poltak Sitorus yang sedang menjalankan tugas ke luar daerah. Selanjutnya diucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Ke-71 Tahun 2022 bagi IBI Kabupaten Toba.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Toba, ia juga memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya kepada pada bidan yang bekerja setiap hari setiap waktu, menurutnya, bidan merupakan garda terdepan untuk menyelamatkan ibu dan anak.

Wakil Bupati berharap, melalui momentum ini akan semakin mempererat tali silaturahmi dan menjaga keharmonisan antar seluruh bidan dalam wadah IBI, sekaligus menciptakan sinergitas yang positif dan aksi nyata, serta terus berkontribusi nyata dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, terutama kesehatan ibu dan anak.

Wabup Tonny pun melanjutkan kata sambutannya dengan mengatakan Pemkab Toba berkomitmen akan mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi profesi IBI, termasuk akan memfasilitasi penggunaan salah satu gedung milik Pemkab untuk dipakai oleh IBI dalam melakukan kegiatannya.

Perayaan HUT IBI dengan tema “Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju” ini, diisi dengan berbagai kegiatan, yaitu bakti sosial bagi korban kebakaran, pelayanan KB, Safari KB, pelaksanaan IVA Test, pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil, dan seminar sehari.

Dukungan kepada IBI juga disampaikan anggota DPRD Toba Robinson Sibarani yang mewakili Ketua DPRD Toba Effendi S.P Napitupulu.

Robinson mengatakan peran bidan sangat penting sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan ,sama halnya seperti kepala desa sebagai ujung tombak pemerintahan.

Turut hadir Ketua IBI Cabang Kabupaten Toba Lindawati Simangunsong, SKM ,pihak BPJS di Balige, sejumlah dokter ,Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Kadis Kesehatan Freddi S.Sibarani, Kabag Kesra Tanda Dongoran, Kabag Pemerintahan dan Kerjasama Saut Sihombing, Kabid PIKP Dinas Kominfo Rikardo Simamora,dan lainnya. (MC Toba pkp)