Giat Sambang dan Silaturahmi, Polsek Sipispis Edukasi Warga Untuk Lebih Teliti Atas Maraknya Berita Hoax

158

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Polsek Sipispis Resor Polres Tebingtinggi lakukan kegiatan sambang dan silaturahmi bkepada warga diwilayah hukumnya, tepatnya di Dusun I Desa Marubun Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Rabu (27/9/2023) pagi, sekitar pukul 10.00 WIB.

Kegiatan sambang dan silaturahmi itu dilakukan oleh personel Bhabinkamtibmas Polsek Sipispis Aiptu Darmawan Purba, kata Kasi Humas AKP Agus Arianto kepada media dalam keterangan tertulis melalui WhatsApp seluler.

Adapun tujuan kegiatan sambang dan silaturahmi ini dilakukan dalam rangka menyampaikan sosialisasi/edukasi kepada warga mengenai berita hoax yang sering kali beredar ditengah-tengah warga masyarakat, sebut AKP Agus.

Lanjutnya, oleh karena itulah Babinkamtibmas menyambangi warga sekaligus berpesan dan menghimbau untuk lebih teliti dalam menerima informasi dari internet/media sosial. Dimana saat ini internet dapat memudahkan penyebaran informasi kepada warga masyarakat terkait politik dan pemilu, namun jika tidak digunakan dengan tepat justru bisa menyebabkan keterbelahan, terlebih jika didalamnya terdapat ujaran kebencian atau politisasi SARA, kata Agus.

Selain itu, sebagai warga masyarakat hendaknya tidak sembarangan membuat konten politik melalui media sosial terutama berasal dari sumber yang tidak kredibel yang menyebabkan disinformasi di media sosial.

”Untuk itu, sebagai warga masyarakat yang cerdas kita harus menyadari dampak disinformasi berita politik terutama dapat menurunkan kualitas pemilu, mengancam demokrasi, hingga menyebabkan konflik sosial, ujar Agus.

Bhabinkamtibmas juga berpesan pada warga agar menyampaikan kepada sanak keluarga terdekat perihal sosialisasi/edukasi yang sudah dilakukan tadi, karena ini merupakan informasi yang penting dan perlu diketahui semua lapisan warga masyarakat.

”Kegiatan sambang dan silaturahmi berlangsung aman dan lancar, masyarakat sangat antysias mendengarkan semua himbauan dari Bhabinkamtibmas Polsek Sipispis, papar Kasi Humas AKP Agus Arianto. (ar)