Kolaborasi Dua Desa di Kec Carenang, Belajar Ubah Sampah Jadi Berkah

514

BANDUNG (Jawa Barat) ketikberita.com | Mengambil tempat di Bank Sampah Bersinar (BSB) Bale Endah, kabupaten Bandung, Jawa Barat,pemerintah desa Pamanuk dan desa Teras,kecamatan Carenang, kabupaten Serang mengadakan kegiatan bersama pelatihan pengolahan sampah, Sabtu (16/09/2023).

Ditemui dilokasi kegiatan, Kepala desa Teras, Ata Sumarta memberikan alasan kenapa perlu adanya wacana bank sampah di desa.

“Bank sampah keberadaannya sangat strategis, mengingat hampir disetiap wilayah kita melihat tumpukan sampah yang didominasi oleh sampah rumah tangga”,Jelasnya.

Lanjut Ata,”Wacana untuk mendirikan Bank sampah adalah upaya untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat akrab dan berkawan dengan sampah,dengan tujuan akhir menjadikan sampah bermanfaat, memiliki nilai ekonomi”,Harapnya.

Dilokasi yang sama, Moh Ali Sobri,kepala desa Pamanuk mengamini penuturan dari kepala desa Teras.

“Saya sepakat apa yang barusan dikatakan oleh kepala desa Teras, saya hanya menambahkan bahwa Bank sampah tidak dapat berdiri sendiri,harus ditopang dengan gerakan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) atau 3M yang artinya penanganan sampah harus memenuhi tiga unsur yaitu, Mengurangi, Menggunakan ulang,dan Mendaur ulang sampah”, Paparnya.

“Manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat, tidak hanya ekonomi.Kondisi lingkungan yang bersih, hijau dan sehat juga akan dirasakan”,Ungkapnya.

Kasi Tata Pemerintahan kecamatan Carenang, Siti Rohmawati yang turut mendampingi kegiatan berharap sepulangnya dari pelatihan, ilmu dan pengetahuan yang diperoleh para peserta diimplementasikan di desanya masing-masing.

“Harapan kami dari kegiatan ini,sepulangnya peserta dari pelatihan, dapat mempraktekan
nya,karena salah satu solusi mewujudkan pemukiman yang bersih dan nyaman adalah keberadaan Bank sampah”,Ujarnya.

“Pola ini jika diterapkan akan menjadikan warga disiplin dalam mengelola sampah, warga juga mendapatkan tambahan penghasilan dari sampah yang mereka kumpulkan”,Ucapnya penuh harap.

Sebagai informasi tambahan, kegiatan ini diikuti oleh 45 peserta dari desa Teras dan 35 dari desa Pamanuk, sumber anggaran dana desa tahun 2023. (Ys)