Festival Kuliner Serpong di SMS Sajikan Ragam Makanan Jalur Mudik

228

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Momen pulang ke kampung halaman atau mudik adalah tradisi masyarakat Indonesia yang selalu dilakukan setiap tahun. Banyak pula pemudik yang memilih untuk menempuh jalur darat agar dapat merasakan sensasi pulang kampung walau harus menempuh kemacetan.

Namun, perjalanan mudik dapat menjadi menarik karena menawarkan pemandangan yang indah, serta berbagai kuliner khas daerah tersebut yang bisa dicicipi selagi melintas.

Berbicara mengenai kuliner di sepanjang jalur mudik, setiap daerah memiliki makanan tradisional dengan karakteristik yang berbeda-beda. Untuk mengangkat keberagaman kuliner khas jalur mudik, tahun ini, Summarecon Mall Serpong (SMS) kembali menghadirkan Festival Kuliner Serpong (FKS), dengan tema “Jelajah Rasa Jalur Mudik” mulai tanggal 16 Agustus – 1 Oktober 2023, di area Parkir Timur SMS.

Berbeda dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, FKS 2023 akan hadir dalam dua fase yang menyajikan kuliner dan dekorasi yang berubah dalam satu malam. Fase pertama menghadirkan kuliner jalur mudik dari daerah Banten hingga Jawa Barat, mulai dari tanggal 16 Agustus – 10 September 2023.

Kemudian, fase kedua akan dimulai pada tanggal 11 September – 1 Oktober 2023 dengan menyuguhkan kuliner jalur mudik dari daerah Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Lebih dari 90 kuliner khas jalur mudik Pulau Jawa yang dapat dinikmati di FKS 2023, seperti Empal Gentong Bu Dharma Cirebon, Mie Koclok Mang Sam Cirebon, Sate Kelinci Karmel Lembang, Nasi Bebek Sinjay Madura, Java Loenpia Semarang, Pusat oleh-oleh Bu Rudy Surabaya, Gudeg Yu Djum, Yammie Pathuk Kemetiran Jogja, Srabi Notosuman Ny. Handayani Solo, serta kuliner jalur mudik lainnya.

“Tahun ini FKS kami selenggarakan lebih lama dari tahun-tahun sebelumnya, yakni selama 47 hari. Kami membaginya dalam dua fase, dan menyuguhkan beragam kuliner asli jalur mudik dari Banten hingga Jawa Timur. Selain kuliner, dekorasi dan hiburan yang disajikan pun kental dengan nuansa dan budaya layaknya sedang mudik.” ungkap Tommy, Center Director SMS.

Untuk menemani waktu kulineran, FKS 2023 akan diisi dengan beragam kegiatan seru seperti parade kesenian, hiburan musik khas dari berbagai daerah, serta workshop keterampilan seni. Tak hanya itu, FKS 2023 juga dimeriahkan dengan penampilan dari Element pada tanggal 16 Agustus 2023 dan Raissa Anggiani pada 15 September 2023 mulai pukul 20.00 WIB. (mir)