Dari 105 unit BUMDes yang Tersebar di 8 Kecamatan Kab. Nias Barat, Terdapat 99 Unit Dikategorikan Aktif

343

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Bappeda Nias Barat mepresentasikan laporan hasil Fasilitasi Pelaksanaan Evaluasi dan Pengembangan Bidang Badan Usaha Milik Desa BUMDes di Ruang Afo Bappeda Kabupaten Nias Barat. Jumat (26/11/2021).

Sekretaris Bappeda, Sonifati Zebua,MM, dalam laporannya menyampaikan bahwa di Kabupaten Nias Barat sampai Tahun 2021 telah terbentuk 105 unit BUMDes yang tersebar di 8 kecamatan.

Diantaranya terdapat 99 Unit BUMDes yang dikategorikan Aktif (sekitar 94,29%) dan 6 unit BUMDes yang tidak aktif (sekitar 5,71%). BUMDes dibentuk oleh Pemerintah Desa dan masyarakat untuk Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Warga melalui Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat Desa sesuai dengan Potensi Desa masing-masing.

Sonifati Zebua menjelaskan tujuan dari kegiatan fasiltiasi pelaksanaan Penelitian dan Pengembangan Bidang Badan Usaha Milik Desa yaitu: Untuk mengetahui pengaruh sesudah adanya BUMDes terhadap Pengembangan Ekonomi Desa di Kabupaten Nias Barat.

Dan untuk mengetahui peran BUMDes dalam Memberdayakan Potensi Lokal yang dimiliki Desa di Kabupaten Nias Barat ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Nias Barat Glori Bonnison Harefa,ST,M.Si saat mempresentasikan laporan akhir hasil Penelitian dan Pengembangan Bidang BUMDes menyampaikan bahwa jenis Usaha yang dijalankan BUMDes di 105 Desa di Kabupaten Nias Barat rata-rata berupa Usaha Penyewaan atau Renting, Pelayanan Simpan Pinjam, Pengadaan Perahu dan Usaha Penyewaan Mobil Dum truck.

Adapun tantangan yang dihadapi BUMDes yaitu masalah Sumber Daya Manusia dan Pembukuan Keuangan yang masih kurang. Walaupun demikian, dengan adanya Usaha BUMDes, Masyarakat terbantu dan mendapatkan kemudahan serta keringanan biaya dengan adanya Usaha Peminjaman Alat atau Barang seperti Usaha Sewa Tenda, Kursi, Mesin Pertanian. Sehingga Masyarakat tidak kesulitan dalam mencari Penyedia Jasa Sewa maupun Penyedia Pinjaman dengan Bunga Rendah, paparnya.

Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, LMM,M.Si, dalam Arahannya, mengharapkan agar hasil Penelitian dan Pengembangan BUMDes yang dilaksanakan oleh Bappeda Nias Barat, menjadi Bahan Evaluasi dalam Pengembangan Bidang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Nias Barat dan Pengelolaan BUMDes semakin lebih baik sehingga berdampak Positif bagi Warga Desa, ucap Wabup Nias Barat. (Wardiy)