Bajak Sawah Bantu Warga Poris Gaga Baru Bayar PBB

147

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Salah satu upaya meringankan warga dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Kelurahan Poris Gaga Baru di Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang membuat program Bajak Sawah (Bayar Pajak Pakai Sampah).
Program yang digagas oleh Maman, Sekretaris Kelurahan Poris Gaga Baru ini disambut baik warga terutama di lingkungan RT 01 RW 01 kelurahan itu yang mulai menerapkannya.

Maman menjelaskan program ini serupa bank sampah, yaitu warga mengumpulkan sampah dari rumah masing-masing lalu kemudian ditimbang dan dinilai sesuai harganya. “Ya nanti dicatat, dia mau ambil atau tidak, tapi tercatat, arahnya buat Bayar PBB sisanya buat tambahan uang belanja,” ujarnya.

Dia mengungkapkan aksinya yaitu masyarakat mengumpulkan sampah yang produktif untuk disetor ke Tim Efektif dicatat lalu dimasukan dalam buku catatan. Seperti sampah kardus, sampah botol bekas, dan lain-lain yang mengandung nilai ekonomis.

Untuk pagu harga diberikan oleh pengepul sampah yang telah bekerjasama, yaitu harga barang bekas saat ini per kg sesuai dengan jenis sampah yang disetor. Lalu masyarakat mendapatkan uang, kemudian uang itu bertujuan untuk bayar PBB dan sisanya untuk tambahan penghasilan keluarga.

Maman menambahkan aksi ini sudah dua kali berjalan dari bulan Mei dan Juni. Program ini merupakan rancangan dirinya sebagai Peserta Diklat PKP Angkatan Ke 1 Tahun 2023 dengan nama BAJAK SAWAH (bayar pajak pakai sampah ) di wilayah Kelurahan Poris Gaga Baru (PGB).

Aksi ini juga didukung berbagai pihak di antaranya Kabid Pendapatan Bappenda, Kasie Tapem Kel PGB, Kasie Ekbang Kel PGB, Kasie Kemas Kel PGB, Ketua RW 01 Kel PGB dan seluruh warga Poris Gaga Baru. (mir)