Babinsa dan PPL Dampingi Pok Tani Indah Bungong Pala

99

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Sertu Jamaluddin Babinsa Koramil 05/Idi Rayeuk Kodim 0104/Aceh Timur bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) melaksanakan kegiatan pendampingan kepada Kelompok Tani Indah Bungong Pala dalam rangka pengecekan pertumbuhan pada tanaman padi jenis Serang seluas ± 14 Rante, di Desa Buket Pala, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (17/2/2021).

Swasembada pangan di Kecamatan Idi Rayeuk digiatkan oleh Koramil 05/Idr yang bersinergi dengan PPL Kecamatan dimana mereka tidak hanya sebatas penyuluhan dan sosialisasi saja. Seperti yang dilakukan Sertu Jamaluddin bersama PPL ini, mereka melaksanakan pendampingan petani dengan terjun langsung ke sawah untuk melaksanakan penyemprotan tanaman padi jenis Serang milik Poktan Indah Bungong Pala.

Nazra Fakri selaku petugas PPL pertanian yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pihaknya akan selalu ada disetiap proses pengembangan pertanian dalam upaya pencapaian program pemerintah yaitu swasembada pangan.

Sertu Jamaluddin juga menambahkan bahwa, kami bersama petugas pertanian selalu melakukan pendampingan untuk mendorong dan memotivasi petani, kami selalu ada dalam setiap proses atau tahapan, mulai dari pengolahan lahan, pemeliharaan dan sampai dengan masa panen.

Sementara Danramil 05/Idr Lettu Inf Suprianto kepada awak media membeberkan bahwa keterlibatan Babinsa diharapkan mampu membantu meningkatkan produktivitas pertanian, khususnya pada tanaman padi, yang bertujuan untuk menguatkan motivasi petani dalam mengelola lahan pertanian, “jelasnya.

Sedangkan Samsul Bahri selaku Ketua Poktan Indah Bungong Pala mengucapkan terima kasih kepada Babinsa dan petugas PPL pertanian yang selalu mendampingi para petani mulai dari pengolahan tanah, pembibitan hingga pemupukan dan penyemprotan. “Selalu hadir serta selalu melakukan pengecekan agar memperoleh hasil yang memuaskan”, tuturnya. (AA)