Babinsa dan Babinkamtibmas Carenang Dirikan Posko PPKM Berskala Mikro

206

SERANG (Banten) ketikberita.com | Presiden Joko Widodo telah memutuskan akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro mulai 9 Februari 2021.

“Berdasarkan keputusan Presiden bahwa mulai 9 Februari ini akan dilaksanakan PPKM berskala mikro,” ujar Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Nasional, Brigjen TNI (Purn) Alexander Ginting dalam diskusi virtual yang digelar BNPB, Jumat (5/2/2021).

Dalam penerapan PPKM berskala mikro ini, Alexander menganjurkan setiap desa dapat mendirikan posko tanggap Covid-19.

Menjawab keputusan Presiden, Kamis 25/02/2021,Koramil 0226 Carenang,
Kodim 0602 Serang,Korem 064 MY Banten, melalui anggotanya Sertu Sabar Widodo,Sertu Arisman, Sertu Suhaeri, Koptu Hasanudin,dan dari anggota Polsek Carenang Polres Serang,Brigpol Samijan,membuka Perdana Posko PPKM Skala Mikro Pencegahan Covid-19 di Desa Pamanuk Kecamatan Carenang Kabupaten Serang.

Mewakili rekan-rekan dari Babinsa dan Babinkamtibmas, Sertu Sabar Widodo memberikan penjelasan kepada awak media,soal pembentukan Posko PPKM Skala Mikro pada tingkat Desa.

“Posko PPKM ini bagian dari upaya pemerintah dalam menanggulangi penyebaran covid-19 di lingkungan Desa,perannya sebagai pendamping tenaga medis puskesmas untuk menampung dan mencari informasi yang berkaitan dengan penanganan covid-19 di perkampungan,”jelas Widodo.

“Kesimpulannya, di desa harus dibuka posko untuk membantu kerja puskemas, yang tugasnya sebagai tim pencari di lingkungannya masing-masing,ketika ada yang terindikasi maka segera mendapatkan tindakan yang diperlukan,sesuai dengan standar prokes satgas gugus tugas covid 19,”ungkapnya.

Widodo menambahkan, dengan kian tingginya kasus Covid-19 di Indonesia,Pemerintah merespon dengan cepat persoalan ini dengan melakukan pembenahan persoalan yang ada di desa.

Widodo berharap PPKM bukan cuma tanggung jawab petugas kesehatan, melainkan tanggung jawab semua pihak. (Yusa)