Anggota DPRD Minta Pemkot Segera Tangani Sampah di Bahu Jalan Dekat Pasar Rubuh

23

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Permasalahan tumpukan sampah di dekat Pasar Rubuh, Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Petir, Cipondoh cukup pelik. Pasalnya, hingga saat ini masih terlihat sampah yang menumpuk hingga ke bahu jalan.

Meski petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang telah berupaya mengangkut tumpukan sampah itu, namun masih terlihat penumpukan sampah hingga memakan sebagian jalan.

Dampak dari penampakan sampah di jalan itu pun sangat terasa bagi warga sekitar dan pengguna jalan. Hal itu sangat mengganggu kendaraan yang melintas karena menyebabkan kemacetan panjang, merusak pemandangan dan menimbulkan aroma tak sedap.

Pantauan di lokasi pada Kamis (18/4), tumpukan sampah yang berada persis di sebelah Tempat Penampungan Sementara (TPS) Kelurahan Petir itu masih terlihat di bahu Jalan K.H Ahmad Dahlan. Bahkan sampah-sampah itu mengular hingga ke tengah jalan.

Mengenai permasalahan itu, membuat anggota DPRD Kota Tangerang Fraksi PKB, Tasril Jamal pun angkat suara. Menurutnya, Pemkot Tangerang melalui DLH seharusnya melakukan tindakan secara komprehensif untuk mengatasi permasalahan sampah yang kerap timbul di bahu jalan. Pasalnya, upaya yang dilakukan sampai saat ini masih belum efektif melihat permasalahan yang sudah menahun itu tak kunjung terselesaikan. “Harusnya Dinas Kebersihan (DLH-red) gerak cepat menangani permasalahan sampah itu,” ujarnya, Kamis (18/4/2024).

Wakil Ketua Komisi lV itu juga meminta agar DLH Kota Tangerang memberikan solusi yang terbaik terkait TPS yang tidak memadai untuk menampung sampah yang berasal dari 12 RW di Kelurahan Petir. “Karena penumpukan sampah di bahu jalan itu bisa jadi disebabkan oleh TPS yang kurang memadai untuk menampung sampah, sehingga sampah itu meluap ke bahu jalan,”ucapnya.

Kemudian ia juga menilai Pemkot Tangerang harusnya memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait sampah. Minimnya informasi membuat masyarakat abai untuk membuang sampah pada tempatnya. “Apabila pemerintah fokus memberikan edukasi dan sosialisasi, saya yakin mental masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya akan tercapai,” pungkasnya. (mir)