Prof Dr Ali Yakub Matondang, Dari Kampus Menuju Senayan

0
648

MEDAN ketikberita.com | Tanggal 17 April 2019, rakyat Indonesia akan mengadakan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak.Pemilu 2019 yang akan datang,merupakan Pemilu yang bisa di katakan Pemilu plus, karena akan memilih anggota DPRD kabupaten/kotamadya, memilih anggota DPRD Provinsi,memilih anggota DPR RI,memilih anggota DPD RI juga akan memilih Presiden dan wakil Presiden.

Gaung perhelatan pemilu telah terasa di mana bertaburan spanduk,kartu nama dan sosialisasi para peserta pemilu. DPD RI adalah lembaga tinggi negara setingkat Presiden, DPR RI,Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi. Anggota DPD RI atau biasa yang di sebut Senator di pilih langsung oleh rakyat,dan ketika pemilihan nanti gambar atau foto calon DPD RI akan nampak di kertas suara pemilih ketika mencoblos.

DPD RI atau Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia adalah perwakilan tiap provinsi dari kalangan non partai,dan tiap provinsi mempunyai 4 orang utusan untuk menjadi anggota DPD RI.Di provinsi Sumatera Utara (Sumut) terdaftar 19 calon DPD RI. Dari no urut 21 sampai no urut 39. Di no urut 22 terdapat nama Prof Dr H Ali Yakub Matondang MA.

Nama Prof Dr H Ali Yakub Matondang MA tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat karena beliau adalah tokoh pendidikan yang pernah menjadi Rektor IAIN (sekarang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara) 1996-2001 dan Rektor Universitas Medan Area (UMA) 2005-2018.

Mantan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumut ini menempuh sekolah rakyat tahun 1959,PGAN 4 tahun 1965, MAAIN medan 1968, sarjana muda (BA) IAIM 1970,sarjana (S1) universitas Al Azhar Kairo 1976,Magister (S2) IAIN Jakarta 1987,dan Doktor (S3) IAIN jakarta 1991.Suami dari Hj Nurhayati Lubis S Ag ini pernah mengikuti diklat LEMHANAS KSA-VII Jakarta 1998.

Sederetan penghargaan juga telah di raih ayah 4 orang anak ini diantaranya : Satyalancana Karya Satya 20 tahun (1996) dan 30 tahun (2001) dari Presiden RI. Magister terbaik dari Rektor UIN jakarta (1988) dan Doktor terbaik dari UIN jakarta (1992). Pendidik profesional mulai dasar sampai perguruan tinggi ini juga menjadi tenaga pengajar di Universitas Sains Islam Malaysia dan Visiting Professor di Universitas Kebangsaan Malaysia.

Selain menjadi pengajar,Prof Dr H Ali Yakub Matondang MA juga di kenal sebagai ustad yang aktif melakukan dakwah baik lisan,tulisan maupun audio visual.Sebagai tokoh agama,Prof Dr H Ali Yakub Matondang MA pernah menjadi penasehat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara (Sumut) dan koordinator Divisi Konsultasi dan Kepakaran Institut Fatwa se Dunia.

Sebelum pensiun dari PNS,karir beliau sangat cemerlang dan berhasil mencapai puncak karir dengan jabatan akademik profesor,pangkat pembina utama dengan golongan IV/e. Pria yang tetap fokus pada pendidikan ini, ingin terus berkiprah untuk masyarakat, khususnya masyarakat provinsi Sumatera Utara.

Dengan segudang pendidikan, pengalaman dan pemikiran pemikiran beliau, membuat beliau ingin maju menjadi calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia dari daerah pemilihan (dapil) provinsi Sumut.Prof Dr H Ali Yakub Matondang MA tercatat sebagai calon DPD RI no urut 22. (Rudi Zulkifli).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here