Personil Reskrim Polsek Medan Area Berhasil Menangkap Dua Pelaku Curanmor Di Jalan Halat Medan

126

MEDAN ketikberita.com | Personil Polsek Medan Area, berhasil menangkap dua pelaku tindak kejahatan, dengan melakukan pencurian sepeda motor (Curanmot), di Jalan Halat Medan, tepatnya di samping Gg, Dame, yang dipimpin langsung Kanit Reskrim Polsek Medan Area, Iptu Jhon Panjaitan S ,Sos SH, MH, sekira pukul 11.30 wib, Sabtu (22/02/2020).

Sebelumnya, masyarakat di sekitar tempat kejadian perkara (TKP), telah berhasil mengamankan ke dua pelaku dan didudukkan di samping Gg. Dame Jl. Halat Medan.

Namun karena terlihat awak Media ini, yang kebetulan sedang melintas di sekitar TKP, dengan situasi yang kurang aman dan nyaman terhadap ke dua pelaku. Lantas awak Media ini menjapri melalui WhasApp Group, agar Personil dari jajaran Polsek Medan Area datang ke TKP, untuk mengamankan dan menjaga kekondusipan di sekitar TKP pada saat itu.

Dengan waktu yang tidak begitu lama, personil dari Unit Polsek Medan Area datang mengamankan dan memboyong ke dua pelaku ke Mako Polsek Medan Area untuk diintrogasi lebih lanjut.

Di Mako Polsek Medan Area. Setelah diperiksa, bahwa ke dua pelaku, dari laporan masyarakat menyatakan, gerak-gerik ke dua pelaku yang tidak dikenal tersebut, sebelumnya tak mencurigakan sedang beraksi.

Diduga mau melakukan pencurian sepeda motor. Akan tetapi, karena salah seorang masyarakat di sekitar TKP ada melihat hendak membawa lari sepeda motor yang sedang parkir. Lantas dengan sigap seseorang tersebut berteriak. Dengan sigap masyarakat mengamankan ke dua pelaku dan didudukkan di salah satu Rumah Toko (Ruko) di sampimg Gg. Dame Jl. Halat Medan.

Selanjutnya Kapolsek Medan Area, Kompol Faidir Chaniago, didampingi Kanit Reskrim Polsek Medan Area, Iptu Jhon Panjaitan menurunkan anggota ke TKP, untuk menangkap dan membawa ke dua pelaku ranmor dari TKP.

Ternyata informasi yang diterima benar, ke dua pelaku, adalah sudah menjadi target. Karena sudah 3 laporan di terima oleh petugas, sesuai dengan Surat Laporan yang telah dikeluarkan, dengan nomor Lapor : ,LP / 140/ K/ Xl / 2020 / SKPT Polsek Medan Area Tgl 22 .02.2020, LP/54/K/l/2020. Polsek M. Area Tgl. 23.01.2020 dan LP/105/K/ll/2020. Polsek M. Kota. Tgl. 19.02.2020

Dari tiga laporan masyarakat yang mengalami kerugian tiga unit sepeda motor bernama, Subahan Ahmad Fadli (20) warga Jalan Medan Area Selatan No.224 A /5. Kel. Sukramai l. Kec. Medan Are, Zihan Fazira (21), warga Jalan SM Raja Gg, Indrajit. Kel. Siti Rejo ll. Kec. Medan Amplas dan atas nama Kasran Panggodian Sir, (21) warga Jalan Bulutangkis No. 19 Kel. Pasar Merah Barat. Kec. Medan Kota.

Pada saat Japolsek Medan Area, Kompol Faidir Chaniago, langsung menugaskan, Kanit Reskrim Polsek Medan Area, Iptu Jhon Panjaitan S, Sos SH, MH, bersama Panit 2 Reskrim Polsel Medan Area Ipda P.M Tambunan, beserta anggota, menuju ke TKP, langsung melakukan penangkapan ke dua orang pelaku tindak kejahatan curanmor tersebut dan langsung memboyong ke dua pelaku ke Mako untuk dimintai keterangan, dimana-mana saja mereka melakukan pencurian Ranmor dan kapan saja.

Ketika memberi keterangan, ke dua pelaku bernama Muhamad Ridwan Harahap (31), warga Jalan Beringin Psr V. Gg. Mentimun 14. No. 28. Desa Tembung Kec. Percut Sei Tuan dan Fahrul Rozi Pane (30) warga Jalan Srikandi Gg. Sipirok No. 7 Kel. Denai Kec. Medan Denai.

Setelah mendapat pengakuan dari ke dua tersangka tentang di mana tempat mereka beroprasi. Selanjutnya personil melakukan pengembangan, siapa yang menampung barang bukti hasil kejahatan tersebut.

Selanjutnya petugas berhasil mengembangkan dan melakukan penggerebekan di Jalan Selamat Ketaren, yang di duga tempat pelaku bertransaksi. Ketika ke dua pelaku dalam pengembangan, ke dua pelaku hendak melarikan diri, dengan sigap dan cekatan personel Polsek Medan Area meringkus ke dua pelaku. Yang sebelumnya sudah memberi peringatan, tembakan ke udara, namun tidak dindahkan.

Oleh petugas selanjutnya diberikan tindakan tegas dan terukur, sehingga ke dua pelaku di lumpuhkan dengan menembak kaki pelaku yang mencoba melarikan diri tersebut. Akhirnya ke dua pelaku roboh, selanjutnya ke dua pelaku dibawa ke RS. Bhayangkara, guna mendapat pertolongan tim medis. Dari pelaku yang dirobohkan, petugas mengamankan satu unit sepeda motor Yamaha Mio BK 6372 SU dan 1 ( satu) buah Kunci leter T.

Kapolsek Medan Area Kompol Faidir Chaniago, didampimhi Kanit Reskrim Polsek Medan Area, Iptu Jhon Panjaitan S, Sos SH, MH, membenarkan penangkapan tersebut, sekaligus penggerebekan rumah terduga penampungan kasus pencurian ranmor, yang meresahkan masyarakat. Pengakuan pelaku ketika diintrogasi, pelaku sudah tiga kali beraksi di Jalan Halat Simpang Medan Area. depan Swalayan Indomaret, di Jalan Pendidikan Lorong Bali No 16 Medan dan di Jalan Bulutangkis dan ke dua pelaku sudah diamankan di mako, untuk diproses selanjutnya.

“Akibat aksi ke dua TSK yang kerap membuat resah masyarakat dan telah melawan hukum tersebut, ke dua tersangka, dijerat dengan pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara,” ucap Faidir menambahkan (TS)