Lela Hermayanti Kepsek SD 102049 Tanjung Beringin Berinovasi Gunakan Barang Bekas Menjadi Nilai Seni

20

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Kepala Sekolah Dasar (SD) Nomor 102049 Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Lela Hermayanti Lubis, S.Pd dalam kepemimpinannya di sekolah tersebut tetap terus berinovasi dan melakukan ide-ide kreatif bersama dengan guru-guru yang ada di sekolah sebagai usaha pengembangan inovasi sekolah.

Kegiatan ini tentunya tidak suatu hal yang mudah, tetapi pihak sekolah selalu berusaha melakukan pembenahan dan mempersiapkan rancangan bagaimana sekolah nampak indah dengan biaya yang sangat ekonomis.

Dengan memanfaatkan barang bekas atau tidak terpakai, seperti botol air mineral, botol air galon isi ulang, tong bekas cat dan ban bekas kita dapat menciptakan suatu bahan yang berguna dan indah.

Selain bernilai ekonomis, barang bekas ini juga cukup indah untuk dipajangkan, dengan sedikit polesan menjadi nilai seni, ungkap Kepsek SD 102049 Tanjung Beringin, Lela Hermayanti, S.Pd kepada wartawan saat berkunjung di sekolah nya, Rabu (17/6/2020).

Sebelumnya sebut Lela, pengerjaan ini juga bukan barang baru buatnya, karena sejak tahun 2015 diamanahkan untuk memimpin di SD 102049 Tanjung Beringin ini, memang sudah punya rencana bagaimana suasana di lingkungan sekolah aman dan nyaman bagi para peserta didik.

“Karena secara pribadi saya beranggapan sekolah ini adalah rumah kedua buat kita bersama, jadi kita terus berinovasi dan berkreatif agar siswa tetap merasa nyaman di sekolah,” kata Lela.

Untuk itu, lanjutnya bersama dewan guru, kami saling bekerja sama mendukung, membantu dalam bekerja membenahi baik sekolah maupun lingkungan sekitar sekolah.
Memang masih banyak lagi hal-hal yang perlu dibenahi, tetapi semua itu dapat terwujud selagi adanya kemauan.

Pengerjaan membuat barang-barang bekas menjadi barang berguna dan berharga ini juga melibatkan anak didik sebagai pembelajaran kepada anak-anak untuk memanfaatkan barang tak terpakai menjadi barang yang berguna.

“Yang seharusnya barang bekas tersebut menjadi sampah, tetapi kita olah sedemikian rupa menjadikan barang yang berguna dan berharga,” ujar Lela Hermayanti.

Sedangkan Zainal Abidin, S.Pd salah satu guru kelas III di sekolah itu sangat banyak memberikan inspirasi dan ide-ide kreatif baik untuk sekolah maupun untuk para guru dan peserta didik.

Ia menyebutkan dalam waktu dekat sebelum masuknya tahun pembelajaran baru, di sekolah ini kita akan membuat ekosistem mini hewan sebagai bahan praktek pembelajaran peserta didik, seperti ikan dan burung bersama lingkungannya, ungkap Zainal. (AfGans)