Akan Hadir Kebudayaan Asal Betawi “Ondel-Ondel” di Kabupaten Padang Lawas

0
41

PALAS (Sumut) ketikberita.com | Kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta, karya dan karsa anak bangsa Indonesia mulai Sabang sampai Marauke, dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa.

Dengan demikian Pembangunan Nasional merupakan pembangunan yang berbudaya.Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Wujud, Arti dan Puncak-Puncak Kebudayaan Lama dan Asli bagi Masyarakat Pendukungnya.

Kebudayaan nasional dalam pandangan Ki Hajar Dewantara adalah “puncak-puncak dari kebudayaan daerah”. Kutipan pernyataan ini merujuk pada paham kesatuan makin dimantapkan, sehingga ketunggalikaan makin lebih dirasakan daripada kebhinekaan.

Wujudnya berupa negara kesatuan, ekonomi nasional, hukum nasional, serta bahasa nasional. Definisi yang diberikan oleh Koentjaraningrat dapat dilihat dari peryataannya: “yang khas dan bermutu dari suku bangsa mana pun asalnya, asal bisa mengidentifikasikan diri dan menimbulkan rasa bangga, itulah kebudayaan nasional”.

Pernyataan ini merujuk pada puncak-puncak kebudayaan daerah dan kebudayaan suku bangsa yang bisa menimbulkan rasa bangga bagi orang Indonesia jika ditampilkan untuk mewakili identitas bersama. Nunus Supriadi, “Kebudayaan Daerah dan Kebudayaan Nasional”. Hal tersebut diungkapkan Jurnalis Senior Said M Kamal S.Sos yang sering di sebut Dewa Jarlub di Kantornya.

Lanjut Dewa, bahwa Kebudayaan sekarang dan saat ini sangat sudah dilupakan Anak-anak “Zaman Now”. Mengingat pada Zaman sekarang sudah banyak bermunculan Media Sosial (FB, What Up, Instagram dan Game On Line) secara Frontal menghiasi Dunia anak bangsa Indonesia,yang terkadang membuat rusak mental anak Bangsa dan terkadang juga akan bisa memecah Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Untuk itu Pemerintah Indonesia yang di Pimpin oleh Presiden Ir H Joko Widodo, yang akan terus menerus Peduli akan Kebudayaan Lokal secara Nasional yang mulai akan dimakan usia.

Lanjut Dewa Jarlub, akan mengambil Insiatif untuk perlindungan Kebudayaan Lokal secara Nasional untuk tetap terjaga secara Alami, karena bagi Dewa Jarlub S.sos (Sang Jurnalis) Insya Allah akan membawa Kebudayaan Lokal Betawi yaitu “Obdel-Ondel” ke Daerah Sumatera (Mulai Aceh sampai Lampung) khususnya Daerah Sumatera Utara (Medan-Padang Lawas) untuk dimainkan dan dikembangkan sekaligus di Melestarikan dengan baik. Ini wujud kecintaan Dewa Jarlub sang Jurnalis yang Notabenenya adalah dari darah Keturunan Seni yaitu Kakek (R Muslimin Akbar Pencipta Mars HMI Red-) dari Ibu kandungnya.

Jadi kepada warga Betawi yang Asli Betawi di Jakarta maupun warga Betawi yang tinggal di Sumatera khususnya Sumatera Utara untuk memberikan satu Apresiasi kepada kami yang diluar Suku dari Betawi untuk di bawa Kebudayaan Ondel-Ondel ke Daerah Sumatera Khususnya Sumatera Utara, karena masyarakat di Sumatera khususnya Sumatera Utara sudah Heterogen dan Majemuk dalam pemikiran yang sifatnya Objektif.

Lanjut Dewa Jarlub mengharapkan kehadiran Kesenian “Ondel-Ondel” akan diterima oleh masyarakat luas,baik itu dari masyarakat Betawi sebagai Pemilik Kesenian Budaya Lokalnya maupun masyarakat di luar Betawi yang satu saat akan menikmati acara Ondel-Ondelnya. Karena kita di Negara Indonesia Satu Nusa dan Satu Bangsa,sesuai Ideologi kita yaitu Pancasila, karena Pancasila itulah lambang mempererat Persatuan dan Kesatuan. Mari kita Jaga Budaya Lokal semua suku yang ada di Indonesia,sehingga terciptalah satu keharmonisan tinggi.

Kami sebagai Pemilik Ondel-ondel akan juga mempekerjakan orang Betawi asli untuk bermain saatnya nanti,sehingga kelestarian Kebudayaan itu akan terus terjaga dengan baik,kami minta doa restu semua masyarakat Padang Lawas untuk bisa menghadirkan Seni Kebudayaan Betawi yaitu Ondel-ondel, karena Kesenian ini sangatlah di sukai Anak-anak dan Orang Tua, mungkin selama hidupnya tidak pernah melihat Ondel-ondel secara langsung, makanya akan kami hadirkan Kesenian asli Betawi tepatnya Ibukota Jakarta di Sumatera kuhsusnya Sumatera Utara ataupun tepatnya akan hadir di Kabupaten Padang Lawas.(DEWA JARLUB S.SOS / JAWA-ARAB-LUBIS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here