Wagub Musa Rajekshah Silaturahmi dengan IPHI Kabupaten/Kota se-Sumut

126

MEDAN ketikberita.com | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah yang juga Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumut mengadakan acara silaturahmi dengan para pengurus IPHI Kabupaten/Kota se-Sumut, secara virtual melalui zoom meeting di Rumah Dinas Wagub Sumut, Jalan Teuku Daud, Medan, Rabu (10/2/2021).

Wagub Musa Rajekshah menyampaikan, IPHI merupakan salah satu organisasi masyarakat yang menjembatani kepentingan masyarakat muslim, serta menjadi penghubung antara tuntunan ajaran agama dengan realitas sosial. Karena itu, seiring dengan berjalannya waktu, maka IPHI dituntut untuk mampu meningkatkan perannya, terlebih di tengah pandemi Covid-19, yang tidak bisa melakukan banyak kegiatan mengundang kerumunan massa.

“Untuk itu silaturahmi ini harus terus kita jaga, walau di masa pandemi Covid-19 ini, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Wagub.

Musa Rajekshah berharap, agar pengurus IPHI Kabupaten/Kota dapat memberikan semangat kepada masyarakat yang hendak melaksanakan ibadah haji, terutama di daerah yang minoritas umat muslimnya, sehingga semakin banyak masyarakat yang melaksanakan ibadah haji. Kehadiran IPHI juga harus dapat dirasakan manfaatnya di tengah masyarakat.

Disampaikan juga, terkait keberangkatan haji yang masih menunggu pengumuman dari Pemerintah Pusat. “Saya berharap masih bisa diperbolehkan, tetapi kita masih menunggu arahan dari Pemerintah Pusat, baik kuota maupun jadwal keberangkatan,” ujarnya.

Sementara untuk pelantikan kepengurusan IPHI Kabupaten/Kota yang sudah berakhir masa baktinya, Musa Rajekshah meminta agar berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten/Kota, sehingga tidak melanggar protokol kesehatan.

Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Nasution selaku Ketua Dewan Pembinan IPHI Sumut mengatakan dengan adanya IPHI diharapkan bisa lebih bersatu dan maju untuk membantu umat melaksanakan rukun Islam kelima, yakni ibadah haji. (er)