Wabup Sabar AS launching Program KAN Masuk Sekolah

108

PASAMAN (Sumbar) ketikberita.com | Bukti Keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman dalam rangka upaya mewujudkan Visi terwujudnya masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat semakin tampak pergerakannya diberbagai sektor program kegiatan pasca 7 (tujuh) bulan lebih kepemimpinan Bupati Benny Utama dan Wabup Sabar AS pimpin Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat

Hal ini dibuktikan ditindaklanjuti oleh Wakil Bupati Pasaman Sabar AS dengan langsung hadir sekaligus membuka secara resmi acara peluncuran / launching Program Kegiatan KAN Masuk Sekolah, dilaksanakan bertempat di Museum Tuanku Imam Bonjol, Kamis (07/10/21).

Turut hadir pula dalam acara tersebut para Asisten, Staf Ahli, Ketua LKAAM Kabupaten Pasaman Afrizal,SH Dt.Basa, Camat/Wali Nagari/Ketua KAN SE Kab.Pasaman, Pengawas,Kepala UPT SD,SMP,SMA serta undangan lainnya.

Dalam sambutan arahannya Wabup Sabar AS menyampaikan bahwa Agenda Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Pemkab Pasaman yang difasilitasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama LKAAM dan KAN , dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Pasaman yang ke 76 yang jatuh pada tanggal 8 Oktober 2021.

Adat Basandi Syara’ – Syara’ Basandi Kitabullah adalah filsafat hidup masyarakat Minangkabau yang berlandaskan syariat Islam, sehingga adat dan Syara’ adalah satu kesatuan tidak dapat dipisahkan dan merupakan pedoman hidup masyarakat Minangkabau, “sebut Wabup Sabar AS.

Kembali ditegaskannya bahwa mewujudkan Kabupaten Pasaman yang lebih baik dan bermartabat adalah Visi Pemerintah Kabupaten Pasaman saat ini, Disini diuraikan dalam beberapa Misi antara lain Pasaman Cerdas, Pasaman Sehat, Pasaman Berimtaq dan Pasaman Berbudaya.

Misi yang ke empat ini lah yakni Pasaman Berbudaya Pemerintah Kabupaten Pasaman berupaya meningkatkan nilai nilai Budaya yang berlaku ditengah tengah masyarakat Kabupaten Pasaman.

Dimana untuk mempercepat pencapaian Misi ini maka saat ini kita sudah melakukan kerjasama dengan LKAAM ditingkat Kabupaten dan KAN ditingkat Nagari, bertujuan untuk memberikan penguatan kepada Anak Kemenakan kita disekolah tentang pengetahuan dan pengamalan adat Basandi Syara’ – Syar’ Basandi Kitabullah,” Ujarnya.

Terakhir Wabup Sabar AS berharap untuk kelancaran program kegiatan KAN Masuk Sekolah ini Mohon dukungan kerjasama sepenuhnya dari Ninik mamak yang ada dalam lembaga adat selaku pelaksana dan seluruh jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai yang memfasilitasinya serta para pihak terkait lainnya demi untuk Pasaman yang kita cintai ini ,” tutupnya. (Abdi)