Upacara Hari Kesaktian Pancasila Pemko Medan Berlangsung Khidmat

114

MEDAN ketikberita.com | “Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Demikian salah satu poin pembacaan Ikrar yang menandai Upacara Hari Kesaktian Pancasila Pemko Medan di halaman kantor wali kota, Minggu (1/10). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota H. Aulia Rachman dan diikuti oleh segenap pimpinan perangkat daerah lingkungan Pemko Medan.

Poin lain naskah Ikrar yang dibacakan oleh Wakil Ketua DPRD Medan Rajuddin Sagala itu menyebutkan, sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari
dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara.
Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ikrar ini ditandatangani oleh Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani Atas Nama Bangsa Indonesia, di Jakarta 1 Oktober 2023.

Upacara ini berlangsung singkat namun penuh khidmat. Prosesi diawali dengan penghormatan umum kepada inspektur upacara dipimpin oleh komandan upacara, Camat Medan Tuntungan Hendra Arjudanto.

Setelah itu seluruh peserta upacara mengheningkan cipta dipimpin inspektur upacara yang selanjutnya juga membacakan Teks Pancasila.

Prosesi dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, Pembacaan Naskah Ikrar, dan Doa. Pada bagian akhir, dikumandangkan lagu Garuda Pancasila dan Andhika Bhayangkari.

Usai upacara seluruh peserta sarapan bersama. Suasana kekeluargaan di lingkungan Pemko Medan pun merebak pagi itu. (red)