Pangdam IX/Udayana Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

103

DENPASAR (Bali) ketikberita.com | Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.IP., M.Sc., memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di Lapangan Makorem 163/Wira Satya, Kota Denpasar, pada Minggu (1/10/2023).

Pada upacara yang penuh khidmat tersebut, seluruh peserta upacara berikrar bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap NKRI.

Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ldeologi Negara. Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ldeologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas petugas pembaca Ikrar.

Hari Kesaktian Pancasila adalah hari peringatan kedudukan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi, pandangan hidup, dan dasar negara Indonesia. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diharapkan dapat menjadi pelajaran untuk membangun generasi bangsa yang kuat dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat dengan Pancasila sebagai landasan negara Indonesia.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut dihadiri juga oleh Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO TNI AL, LO TNI AU, para Dansat/Kabalakdam IX/Udayana, serta para Prajurit dan PNS Kodam IX/Udayana se Garnizun Denpasar. (red/Udy)