Ulama, Santri, & Nahdliyin Banten Dukung Ganjar Pranowo Gandeng KH Said Aqil Siradj di Pilpres 2024

152

BANTEN ketikberita.com | Sejumlah tokoh ulama, kalangan santri, dan warga nahdliyin di Provinsi Banten menyatakan dukungannya mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI 2024-2029. Terlebih bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo pun sudah berkunjung ke Banten pada Mei 2023 lalu, dan disambut meriah warga Banten.

Pada kesempatan ini, sejumlah ulama dan cendekiawan Banten pun mengungkapkan keinginannya mengusulkan calon pendamping atau calon wakil presiden yang tepat untuk Ganjar Pranowo. Sebut saja, Fahmi Irfani, Cendekiawan Muda Nahdlatul Ulama (NU) Banten.

Menurut Fahmi, untuk pemenangan pemilihan umum presiden, Ganjar Pranowo itu ada di warga nahdliyyin. Makanya, Ganjar harus menggandeng sosok yang mempunyai pengaruh di kalangan warga NU. Ganjar harus memiliki wakil yang bisa melengkapi sisi religiusnya yaitu ada di diri KH Said Aqil Siradj.

“Ulama di Banten sangat menginginkan Pak Ganjar ini berpasangan dengan Kiai Said,” tegasnya.

Fahmi menambahkan warga Banten, khususnya nahdliyyin dan kalangan ulama Banten mendukung Ganjar Pranowo bergandengan dengan KH Said Aqil Siradj (Kiai Said) dengan beberapa alasan di antaranya pertama, Kiai Said masih mempunyai pengaruh kuat di kalangan nahdliyyin baik di Jawa maupun di luar Jawa. Mengingat, beliau menjabat Ketua PBNU selama dua periode.

Kedua, Kiai Said mewakili kalangan religious atau agamawan. Mengingat, Sejarah mencatat bahwa negara ini ada karena kalangan nasionalis dan kalangan religious bersatu. Sosok Ganjar mewakili kalangan nasionalis, sedangkan Kiai Said mewakili kalangan religious.

“Jika kita melihat ke belakang, bangsa dan negara kita ini didirikan oleh golongan nasionalis dan golongan religious. Maka, pola itu harus terus digulirkan,” terangnya.

Ia menambahkan, alasan ketiga, Kiai Said merupakan sosok yang tidak hanya dikenal secara nasional. Kiai Said juga mempunyai networking Internasional.

Hal senada diutarakan KH Surji, Pimpinan Tariqoh dan Majelis Taklim Darulahil Akbar yang berada di Domas, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang. Beliau menyampaikan keinginannya agar Ganjar Pranowo selaku calon presiden bisa didampingi oleh kyai kharismatik yang bisa memberikan teladan dalam berpolitik kepada umat.

Dalam hal ini beliau menginginkan Ganjar Pranowo bisa didampingi oleh KH Said Aqil Siradj sebagai wakil presidennya. “Ini sebagai aspirasi dari kalangan santri di daerah Banten Utara semoga kenginan ini bisa di akomodir dan menjadi pertimbangan pihak pihak yang berkepentingan. Pimpinan partai politik pengusung,” ungkapnya.

Begitu pun disampaikan KH Hafis Gunawan, Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Khaer, Banten yang menuturkan bahwa kalangan kyai dan santri dalam setiap pilpres di Indonesia memiliki daya maget tersendiri. Hal ini dikarenakan posisi dan peran kyai di dalam masyarakat Indonesia yang memiliki status sosial yang tinggi.

Kyai merupakan elit lokal yang memiliki banyak jamaah dan pengikut, tak pelak para capres pun bersegera menyambangi beberapa pondok pesantren sebagai rutinitas dalam menghadapi pemilihan umum.

Menurut KH Hafis Gunawan sosok yang tepat memimpin Indonesia kedepan adalah Ganjar Pranowo dengan wakilnya yakni Buya KH Said Aqil Siradj. “Jika pasangan ini terealisasi maka akan klop yang satu mewakili nasionalis dan yang satu mewakili religious,” tuturnya.

Disamping itu Kyai Said merupakan tokoh dan mantan Ketua Umum PBNU, maka secara otomatis elektabilitas pak Ganjar akan turut naik. (mir)