Tim Aswas Kodam V/Brawijaya Tinjau Kesamaptaan Periodik Korem 081/DSJ

115

MADIUN (Jatim) ketikberita.com | Kasi Garjas Jasdam V/Brawijaya Mayor Inf Sumarno dan Pabandya Binkar Spersdam V/Brawijaya Mayor Inf Citra Persada selaku Tim Asistensi dan Pengawasan (Aswas) kegiatan kesamaptaan jasmani Kodam V/Brawijaya melaksanakan peninjauan tes kesamaptaan (Garjas) periodik II tahun 2023 Korem 081/DSJ yang bertempat di Stadion Wilis, Kota Madiun, Rabu (12/10/2023).

Dalam kesempatan itu Kasi Garjas Jasdam V/Brawijaya dan Pabandya Binkar Spersdam V/Brawijaya didampingi PS. Kasipersrem 081/DSJ Mayor Inf Heru Dwi Santoso melihat langsung tahapan kegiatan kesamaptaan jasmani periodik.

Kasi Garjas mengatakan Tim Aswas dari Kodam memiliki tanggung jawab pengawasan terhadap kegiatan kesamaptaan jasmani di satuan jajaran. Dalam hal ini satuan jajaran Korem 081/DSJ untuk memastikan sudah sesuai mekanisme yang ditetapkan dan berjalan aman.

“Setiap kegiatan pasti ada prosedur tetap (protap) yang harus dijalankan, dan apabila pentahapan kegiatan sudah sesuai dengan prosedur tersebut maka pelaksanaan kegiatan akan berjalan sesuai yang diharapkan,” katanya.

Ditanya apakah setiap pelaksanaan kesamaptaan Jasmani Periodik ada Aswas dari Kodam, dirinya mengatakan kalau pelaksanaan Kesamaptaan Periodik pasti ada Aswas dari Kodam.

“Kalau kesamaptaan jasmani Usulan Kenaikan Pangkat (UKP), dari prajurit itu sudah mempersiapkan diri sebelumnya dengan pembinaan fisik, yang kita khawatirkan justru kesamaptaan periodik ini. Kenapa demikian, prajurit yang mengikuti Kesamaptaan jasmani periodik tidak semuanya dalam kondisi yang prima, menurut saya yang periodik ini lebih rawan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan” ujarnya.

Terkait hal itu, dirinya menyampaikan penting bagi peserta untuk mengikuti prosedur dari penyelenggara. Terutama pada saat pemeriksaan kesehatan harus dipastikan prajurit memang dalam kondisi sehat dan mampu mengikutinya.

Sebagai informasi, pelaksanaan Kesamaptaan Periodik tersebut meliputi Samapta A yakni lari selama 12 Menit, Samapta B yaitu Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shuttle Run dan renang ketangkasan gaya dada sejauh 50 meter. (r/red)