Serdang Bedagai Terima Peningkatan Tata Guna Air Irigasi di 78 Titik

403

LUBUK PAKAM (Sumut) ketikberita.com | Pada tahun 2022 ini, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatra II telah menetapkan 78 titik peningkatan tata guna air irigasi di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Menyambut program tersebut, Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Tambunan mengapresiasi Pemerintah Pusat.

Hal itu diungkapkan Adlin Tambunan di sela-sela acara Sosialisasi Tingkat Balai Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Langkat di hotel Wings Lubuk Pakam, Rabu (13/4/2022).

“Dalam mendukung program prioritas P3-TGAI yang tertuang dalam RPJMN 2020-2025 yaitu meningkatkan infrastruktur khususnya daerah irigasi yang dapat mendukung ekonomi rakyat serta pemerataan pembangunan secara padat karya dengan melibatkan masyarakat petani. Maka perlu dilakukan rehabilitasi jaringan irigasi dan pembangunan secara partisifatif, transparansi, pemerataan dan akuntabilitas,”jelasnya.

Di Serdang Bedagai, terdapat jaringan irigasi yang menjadi kewenangan pusat sekitar 13.910 Hektar.

“Program P3-TGAI ini akan dilaksanakan di 7 Kecamatan, yaitu di Pantai Cermin 15 titik, Pegajahan 11 titik, Perbaungan 28 titik, Sei Rampah 4 titik, Serbajadi 2 titik, Tanjung Beringin 5 titik dan Teluk Mengkudu 13 titik,”ungkapnya.

Iapun berharap kepada seluruh penerima manfaat seperti masyarakat Desa dan kecamatan untuk bekerja sama dengan tim P3-TGAI agak menghasil kan pekerjaan sesuai dengan rencana.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementrian PUPR dan BWS, semoga semangkin banyak lagi kegiatan yang bisa dilaksanakan di Serdang Bedagai,”tandasnya.

Sebelumnya Kepala BWS Sumatra II Maman Noprayamin yang diwakili Kasatker BWS Sumatra II Jinto Lumbanbatu mengharapkan agar seluruh peserta dapat mengikuti arahan dan bimbingan dengan baik.

“Program ini ditujukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang didorong oleh aspirasi komisi V DPR RI,”ujarnya.

Turut hadir Asisten Ekbang Pemkab Deli Serdang, Para Kepala Dinas PUPR di Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Langkat, sejumlah Camat di jajaran Pemkab Deli Serdang dan Serdang Bedagai serta KPM dan penerima manfaat program P3-TGAI. (AfGans)