Serahkan Bantuan Tong Sol, Pemkab Ajak Penerima Optimalkan Manfaat Bantuan

140

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Mewakili Bupati Aceh Tamiang, Asisten Administrasi Umum Tri Kurnia menyerahkan secara simbolis bantuan usaha berupa tong sol kepada tukang sol sepatu, bertempat di Pasar Pagi Kota Kualasimpang, Selasa (21/12/21).

Penyerahan bantuan ini berasal dari Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang yang bertujuan untuk mengembangkan usaha mereka yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian keluarganya.

“Mari kita bersyukur atas nikmat hari ini. Bantuan yang didapatkan hari ini merupakan rezeki dari Allah,” ungkap Tri ketika penyerahan berlangsung.

Dikatakannya, tugas melayani masyarakat adalah bagian dari Amanah Allah yang harus kami (Pemerintah Daerah-red) jalankan, karena Pemkab memiliki tanggung jawab yang besar terhadap masyarakat.

“Bantuan ini merupakan anggaran yang dihimpun dari Muzakki untuk disalurkan kepada mereka yang mempunyai hak. Memang tidak dalam bentuk yang besar namun ketika kita mensyukuri maka Allah akan menambahkan rezeki kita,” ujarnya.

Dikesempatan itu juga, Tri menyemangati mereka untuk tidak menganggap usaha yang dilakoninya sebagai usaha kecil dengan pendapatan yang minim.

“Perlu diingat, jangan menganggap kecil usaha sol sepatu ini karena tidak semua orang bisa menjahit dan memperbaiki sepatu. Tidak akan datang rezeki tanpa berusaha. Mudah-mudahan bantuan yang diberikan dapat menjadikan rahmat dan berkah dalam meningkatkan ekonomi demi menyongsong hidup kedepannya,” Tri berpesan.

Dalam menyalurkan bantuan ini, Baitul Mal akan melakukan pengawasan kepada 28 penerima bantuan. Pengawasan dilakukan kepada mereka untuk melihat perkembangan usaha yang mereka jalankan.

Di lokasi yang sama, Kepala Baitul Mal Mulkan Tampubolon menerangkan bahwa total bantuan yang diberikan per-orang bernilai Rp. 2.500.000-, dengan rincian Rp. 220.000-, untuk pembuatan payung, Rp.600.000-, untuk pembuatan tong sol dan sisanya, uang yang diterima sebanyak 1.680.000 untuk keperluan perlengkapan lainnya.

“Tong sol sepatu dan payung yang telah diberikan ini mohon dijaga, kami tidak ada membuat pelindung untuk tong tersebut. Jadi bagaimana cara dari para Mustahik inilah yang berusaha untuk dapat melindungi tong tersebut agar tidak cepat rusak. Mari kita doakan agar para Muzaki kita semakin banyak sehingga penerima manfaat zakat lebih besar lagi,” imbuhnya mengakhiri. (ABS)