Saat Berikan Sembako, Bupati Minta Setiap Gampong Bentuk Tim Tanggap Bencana

111

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin HM Thaib, SH meninjau langsung beberapa daerah yang tergenang banjir akibat hujan lebat menguyur Kabupaten, ini sejak hari Jum’at kemarin (26/2/2022).

Bupati bersama BPBD dan Dinsos telah mengirim bantuan sembako ke sejumlah lokasi pengungsian yang terdampak banjir seperti di Gampong Kede, dan Gampong Baro di Kecamatan Darul Aman.

“Penanganan awal kita bersama masyarakat telah menyalurkan bantuan sembako ke titik- titik pengungsian. Ini merupakan Fokus utama kita dalam cepat tanggap untuk korban terdampak banjir,” kata Bupati H. Hasballah disela- sela membawa bantuan Banjir di Gampong Kede, Kecamatan Darul Aman, Minggu (27/2/2022).

Dalam kesempatan itu Bupati akrab di sapa Rocky juga meminta setiap gampong – gampong yang terdampak segera membentuk tim penanganan banjir atau tanggap bencana. Tim ini dinilai sangat penting sebagai kesiapan awal membantu proses evakuasi untuk masyarakat yang menjadi korban banjir.

“Karenaa Tim ini sangat penting agar penanganan awal untuk masyarakat. Misalkan apabila ada korban, lansia, ibu- ibu hamil, anak- anak atau orang disabilitas bisa segera dievakuasi sembari menunggu bantuan selanjutnya dari Kabupaten,” tandas Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati Rocky menghimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap intensitas curah hujan saat ini. Begitu juga ia meminta orang tua menjaga anak- anaknya agar tidak bermain digenangan banjir.

“Kepada orang tua agar tetap menjaga sibuah hatinya untuk tidak berenang di area banjir, karena ini sangat berbahaya. Mudah- mudahan banjir ini segera surut dan aktivitas masyarakat normal kembali,” jelas Rocky.

Sebelum membawa bantuan, Bupati Rocky juga turun bersama masyarakat membersihkan saluran irigasi yang sumbat digampong pekan Idi Cut. Hadir dalam penyerahan bantuan diantaranya Kepala BPBD Aceh Timur, Ashadi, SE, MM, Kabid Rehabsos Dinas Sosial Aceh Timur, Mukhlis, SH atau Disapa Gobit, Camat Kecamatan Darul Aman dan dibantu oleh personil TNI dan Polri. (AA)