Revitalisasi Stasion Kebun Bunga Ditargetkan Selesai Tahun 2024, Tepat Hari Jadi Kota Medan

172

MEDAN ketikberita.com | Revitalisasi Stadion Kebun Bunga tengah berlangsung saat ini. Anggaran yang digunakan merevitalisasi stadion yang memiliki lahan seluas sekitar dua hektar ini dan dilakukan secara multiyears menggunakan APBD Kota Medan tahun 2023 dan 2024 senilai Rp.191.665.325.000. Ditargetkan, pembangunan stadion yang selama ini digunakan sebagai markas PSMS Medan akan selesai tahun 2024.

“Insya Allah, revitalisasi Stadion Kebun Bunga akan selesai tahun 2024, tepatnya di Hari Jadi Kota Medan,” Kata Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan Endar Sutan Lubis dalam podcast bertajuk BK Medan yang digelar Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setda Kota Medan di Stadion Teladan Medan baru-baru ini.

Dikatakan Endar, revitalisasi yang dilakukan sebagai upaya Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk memenuhi sarana dan prasarana latihan bagi para atlet guna mewujudkan ibukota Provinsi Sumatera Utara sebagai kota atlet. Selain Stadion Kebun Bunga, ungkapnya, Stadion Teladan juga akan direvitalisasi.

Selain itu, papar Endar, orang nomor satu di Pemko Medan itu mengamanatkan, jika di kecamatan tidak ada lapangan sepak bola atau lapangan olahraga, maka didorong untuk mencari lahan supaya diadakan lapangan. “Pak Wali berharap setiap kecamatan memiliki lapangan olahraga,” ujarnya.

Selain mendukung Medan sebagai kota atlet, kata Endar, menantu Presiden Joko Widodo ini menilai lapangan olahraga sangat dibutuhkan. Sebab, merupakan tempat untuk anak-anak muda berkumpul melakukan kegiatan positif, sehingga mereka tidak terjerumus melakukan tindakan negatif seperti begal.

“Kemungkin salah satu penyebab terjadinya tindakan negatif seperti begal, tawuran dan geng motor akibat kurangnya sarana dan prasarana bagi anak muda untuk berkreatifitas, salah satunya lapangan olahraga,” paparnya dalam podcast yang turut menghadirkan Kadis Pemuda dan Olahraga Kota Medan Pulungan Harahap dan pengamat sepakbola sekaligus mantan punggawa PSMS Medan Rifki.

Seperti diketahui, revitalisasi Stadion Kebun Bunga yang dilakukan akan menghadirkan sejumlah fasilitas – fasilitas. Tidak hanya lapangan sepakbola berstandar internasional, stadion yang dibangun mulai 31 Agustus 1973 dan dioperasikan pada 28 Februari 1974 ini juga akan dilengkapi lapangan voli, panjat tebing, skateboard dan sepeda BMX, gym, wall of sport fames dan taman. (red)