Puskesmas Padang Garugur Bersiap Menuju Predikat ODF

512

PALAS (Sumut) ketikberita.com | Puskesmas Padang Garugur yang bertempat di Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) tahun ini telah manargetkan wacana meraih predikat Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarang (Babs) direncanakan bisa berhasil di wilayah kerjanya.

Ketika dijumpai awak media di sela-sela aktifitasnya di Dinas Kesehatan Kabupaten Palas Kepala Puskesmas Padang Garugur Tetty Idawati Pasaribu S. Keb menjelaskan apa yang dimaksud dengan ODF.

“(ODF) adalah kondisi ketika setiap individu di dalam suatu komunitas telah berhasil menerapkan kebiasaan hidup tidak buang air besar sembarangan, karena pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit tersebut masyarakat diharapkan memiliki jamban sendiri di lingkungan tempat tinggalnya masing – masing”, ungkap nya.

Beliau juga menambahkan hasil pencapaian target ODF di wilyah kerjanya.
“dari 25 desa binaan di wilayah kerja Puskesmas Padang Garugur 23 desa sudah siap tinggal 2 desa lagi yang terus kita berikan pemahaman atau sosialisasi kepada masyarakat terkait bahayanya Buang Air Besar Sembarangan”, ucapnya.

Kapus Padang Garugur Tetty Idawati sempat juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh tim percepatan ODF untuk kesehatan masyarakat khususnya di kecamatan Aek Nabara Barumun dan juga seluruh masyarakat yang sudah melakukan pembangunan Jamban dan atas arahan dan bimbingan Plt. Kadis Kesehatan Amelia Roitona Nasution SKM terkait pencapaian ODF.

Beliau pun berharap dengan program ODF ini mssyarakat bisa menjalankan pola hidup sehat.

“Dengan program ODF ini diharapkan kepada seluruh mssyarakat bisa melaksanakan pola hidup bersih dan juga untuk mencegah terjadinya penyebaran berbagai penyakit di lingkungan masyarakat seperti stunting”, ungkapnya. (Rh)

Artikulli paraprakPerwada Kabupaten Palas Bersatu dan Solid
Artikulli tjetërTingkatkan Kualitas Jurnalis, UMT Kerjasama Pokja WHTR Launching Kelas Wartawan