Pj Gubernur Sumut Bangga Generasi Muda Tingkatkan Literasi Rakyat

99
????????????????????????????????????

MEDAN ketikberita.com | Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Hassanudin memotivasi ratusan Relawan Gerakan Sumut Mengajar. Menurutnya, Gerakan Sumut Mengajar berkontribusi besar bagi upaya peningkatan literasi di Sumut.

Hal tersebut disampaikan Pj Gubernur Hassanudin perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8 Gerakan Sumut Mengajar di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Sabtu (4/11).

“Saya bangga dengan gerakan ini, generasi muda yang bergerak meningkatkan literasi masyarakat di Sumut, artinya kalian sudah berkontribusi pada pembangunan literasi di daerah yang kita cintai ini,” ujar Hassanudin.

Dikatakannya, generasi muda merupakan pencipta optimisme bangsa. Gerakan Sumut Mengajar memberikan optimisme bahwa pembangunan masyarakat Sumut akan sukses.

“Semangat kaum muda ini jadi inspirasi bagi kita semua, bahwa mereka menggunakan masa mudanya dengan tidak berpangku tangan, tapi belajar memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar, belajar darma bakti, belajar permasalahan sosial di tengah masyarakat, dan belajar memikirkan solusi menyelesaikan masalah,” kata Hassanudin.

Hassanudin pun senantiasa mengajak setiap pihak untuk ikut terlibat dalam pembangunan literasi masyarakat di Sumut. Pembangunan tidak akan sukses apabila dikerjakan sendiri-sendiri.

Hassanudin juga menyebut bahwa pembangunan sumber daya manusia (SDM) merupakan prioritas pemerintah. SDM merupakan kunci kesuksesan suatu negara. Ada negara tanpa sumber daya alam (SDA), namun pendapatan per kapitanya tinggi lantaran SDM-nya berkualitas.

“Oleh sebab itu, pemerintah menetapkan prioritas pembangunan salah satunya yaitu meningkatkan budaya literasi, ini menjadi perhatian kita semua,” ujar Hassanudin.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan wisuda 213 pengajar muda, serta pembekalan pada 436 pengajar muda. Juga dilakukan pemotongan tumpeng hari jadi Gerakan Sumut Mengajar. Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Dwi Endah Purwanti mengharapkan motivasi dan arahan yang disampaikan Pj Gubernur dapat menambah semangat relawan Gerakan Sumut Mengajar.

“Kita senang sekali, harapannya arahan Pak Pj Gubernur dapat menambah semangat para relawan yang akan terjun meningkatkan literasi masyarakat Sumut,” kata Dwi, yang juga Pembina Gerakan Sumut Mengajar. (red)