BPJS Cabang Langsa Adakan Sosialisasi Apikasi Mobile JKN

340

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Demi meningkatkan pemahaman mengenai manfaat aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Cabang Langsa lakukan Sosislisasi Mobile JKN yang diikuti oleh para wartawan di Kota Langsa, bertempat di Truffle Box Cafe, Jalan Ahmad Yani, Kota Langsa, Kamis (9/6/2022).

Kepala Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Fitra Fahreza mengatakan, BPJS Kesehatan ditunjuk pemerintah untuk menyelenggarakan Program JKN dan akan terus berinovasi dalam hal memudahkan dan simplifikasi pelayanan.

“Kepuasan peserta menjadi fokus keberlangsungan Program JKN-KIS selama ini. Aplikasi Mobile JKN akan memudahkan peserta untuk mengakses beberapa keperluan dalam pengurusan adminsitrasi Program JKN, sehingga seperti peserta yang sibuk atau tidak sempat datang ke Kantor BPJS Kesehatan bisa mengakses pelayanan melalui handphone. Jadi peserta bisa lebih menghemat waktu jika melakukan mengakses Mobile JKN. Tidak perlu mengorbankan tenaga maupun waktu untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan,” ujar Reza.

Lanjut Fahreza, Mobile JKN dapat diunduh di Play Store maupun App Store, aplikasi ini sudah mewakili banyak sekali pengurusan administrasi bagi peserta JKN seperti pindah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), ubah data peserta, pendaftaran pelayanan, fitur premi, konsultasi dokter, penjadwalan tindakan operasi, screening dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya yang bisa dilakukan secara mandiri, cepat dan realtime.

“Aplikasi ini juga ada fitur Pengaduan, jadi akan memudahkan mengajukan keluhan saat ada hal yang mengecewakan. Dari pada kita repot-repot pergi ke kantor BPJS kesehatan lebih baik menggunakan Mobile JKN ini untuk keluhan kita. Tidak hanya Aplikasi Mobile JKN, peserta juga bisa mengakses Pandawa (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp 08118165165, Care Center 165, Chat Asistant JKN (Chika), dan Voice Interactive JKN (Vika),”imbuh Reza.

Menurut salah satu wartawan Senior Yoesdi Noer, banyak peserta yang puas dan lega karena tidak perlu lagi mengantri di kantor BPJS Kesehatan untuk kedepannya selagi masih bisa di akses melalui Kanal layanan adminitrasi peserta tanpa tatap muka ini, tandas Yoes.

“Kegiatan seperti ini harus terus disosialisasikan, karena peserta diberikan penjelasan tentang cara menggunakan aplikasi Mobile JKN yang mendukung kelancaran aktivitas masyarakat. Bahkan peserta kegiatan ini yang belum mengetahui tentang aplikasi Mobile JKN akan mendapatkan wawasan baru tentang fitur yang ada didalam aplikasi tersebut,”jelas Yoesdi. (AA)