Perayaan Thaipusam di Medan, Warga: Sangat Meriah, Tidak perlu ke Negara Tetangga

39

MEDAN ketikberita.com | Ribuan warga kota Medan terlihat sangat antusias mengikuti Perayaan Thaipusam yang digelar Pemko Medan berkolaborasi dengan PHDI kota Medan, Kamis (25/1/2024) malam. Hujan yang turun sejak dimulainya perayaan Thaipusam ini tidak menyurutkan semangat mereka khususnya masyarakat Hindu Tamil guna mengikuti dan menyaksikan berbagai penampilan dalam perayaan tersebut.

Diantara warga Hindu Tamil yang hadir, Kawita, warga yang tinggal di Kecamatan Medan Petisah mengaku adanya perayaan Thaipusam ini membuat dirinya senang dan bangga. Sebab kegiatan yang dirayakan sebagai bentuk syukur dan penghormatan warga suku Tamil pada Dewa Subramaniam Dewa Murugan) ini digelar setiap tahun oleh Pemko Medan.

“Kami merasa senang Perayaan Thaipusam yang rutin digelar setiap tahunnya ini meriah. Meskipun hujan tapi warga yang hadir rela basah-basahan demi mengikuti perayaan umat Hindu Tamil”, kata Kawita.

Menurut Kawita, kemeriahan perayaan Thaipusam yang ada di Medan ini tentu dapat menjadi pertimbangan warga khususnya umat Hindu kota Medan yang ingin melihat dan mengikuti perayaan Thaipusam tidak harus ke negara tetangga.

“Setiap tahunnya Pemko Medan rutin menggelar Perayaan Thaipusam, jadi ngapain kita harus ke negara tetangga kalau di kota kita aja perayaan Thaipusam sudah semeriah ini “, jelas Kawita menambahkan adanya perayaan Thaipusam ini merupakan upaya dalam menjaga kebudayaan yang dilakukan Pemko Medan.

Sebelumnya Perayaan Thaipusam Medan Street festival 2024 yang digelar di jalan Kejaksaan dan jalan Zainul Arifin ini dihadiri Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Sekda Wiriya Alrahman. Sejumlah unsur Forkopimda , Ketua Paruman Walaka PHDI Sumatera Utara S.Siwaji Raja, Ketua PHDI Sumut, Surya dan Ketua Majelis Agama Hindu juga turut hadir pada Perayaan Thaipusam tahun 2024.

Perayaan Thaipusam diawali dengan pelepasan Kereta Kencana yang berusia ratusan tahun dari depan Kuil Sree Soepramaniem Nagarattar Jalan Kejaksaan dengan membawa patung Dewa Murugan menandai dimulainya Perayaan Thaipusam. Kereta kencana ini dilepas oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Benny Sinomba Siregar.

Kemudian rombongan kereta kencana bergerak melintas di jalan Zainul Arifin tepatnya didepan panggung utama perayaan Thaipusam. Saat kereta kencana melewati panggung utama, Sekda yang hadir didampingi Pimpinan Perangkat Daerah di lingkungan Pemko Medan menyapa rombongan kereta kencana tersebut.

Dalam sambutannya Sekda Wiriya Alrahman mengatakan, Thaipusam Medan Street Festival merupakan salah satu event tahunan yang dinanti seluruh warga Kota Medan khususnya Hindu Tamil. tentunya perayaan Thaipusam ini menunjukkan semangat keberagaman dan kerukunan yang tinggi di tengah-tengah masyarakat Kota Medan yang dikenal akan keberagaman budaya, suku, adat dan agama atau multietnis.

” Beberapa tahun yang lalu setiap ada perayaan Thaipusam di Kota Medan, banyak masyarakat Kota Medan yang pergi ke negara tetangga. Oleh karena itu adanya Perayaan Thaipusam ini diharapkan masyarakat Hindu Tamil yang ada di Kota Medan bisa sama-sama merayakan Thaipusam ini bersama seluruh masyarakat Kota Medan.

Menurut Sekda, meskipun saat pelaksanaan perayaan Thaipusam hujan turun, antusias masyarakat tetap tinggi untuk mengikuti dan menyaksikan rangkaian kegiatan yang memeriahkan perayaan Thaipusam tersebut.

“Alhamdulillah meskipun hujan turun dapat kita lihat bersama seluruh masyarakat Kota Medan khususnya yang beragam Hindu sangat antusias mengikuti acara ini. Pastinya ini menjadi kebanggaan bagi kita semua bahwa keberagaman agama di Kota Medan sangat baik dan kita menghargai kerukunan satu sama lain,” ujar Sekda.

Selanjutnya Sekda berharap perayaan Thaipusam Medan Street Festival ini dapat menjadi potensi pariwisata Kota Medan. Artinya melalui perayaan Thaipusam ini kita dapat mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara. Sehingga cita-cita kita menjadikan Kota Medan sebagai kota pariwisata bisa terus kita galakkan.

“Saya juga berharap Perayaan Thaipusam ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan dari tahun ke tahun semakin bertambah meriah. Karena ini menunjukkan bahwa Kota Medan tetap damai, aman dan rukun sesama umat beragama,” harap Sekda.

Selain dimeriahkan dengan pelepasan Kereta Kencana, Perayaan Thaipusam ini juga di meriahkan dengan penampilan tarian etnis India dan penyanyi cilik. (red)