Penuh Haru, Personel Ditkumad Melepas Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma, S.H., M.Kn

64

JAKARTA ketikberita.com | Setelah kegiatan sertijab Direktur Hukum Angkatan Darat (Dirkumad) dari Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma, S.H., M.Kn. kepada Brigjen TNI Dr. M. Ali Ridho, S.H., M.Hum., di Mabesad dan penyambutan Dirkumad baru Brigjen TNI Dr. M. Ali Ridho, S.H., M.Hum. tiba saatnya acara pelepasan Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma, S.H., M.Kn. di Lapangan Apel Maditkumad, Jakarta, Jum’at (29/12/2023).

Acara pelepasan diawali dengan pengalungan bunga oleh Direktur dan pemberian bucket bunga dari Ketua Persit Cabang XVIII Ditkumad PG. Mabesad, Ny. Maya Ali Ridho kepada Ny. Imas Ateng Karsoma dilanjutkan dengan penulisan kesan dan pesan dari pejabat lama.

Kesan yang disampaikan oleh Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma, S.H., M.Kn. yaitu dalam waktu yang singkat namun dengan dilandasi rasa kekeluargaan, peran seluruh anggota telah banyak memberi warna dalam kehidupan dan perjalanan karier beliau sebagai Dirkumad khususnya, dan sebagai prajurit pada umumnya. “Jadilah ‘Asam Amino’ yang akan selalu ada di dalam seluruh sendi-sendi kehidupan.

Mungkin peran kita tidak begitu kelihatan, namun keberadaan kita sangat utama dan mendasar dalam proses penciptaan apapun serta mampu memelihara kehidupan agar selalu sesuai dengan hakikat dan keberadaanya. Tetap semangat untuk berjuang, terus belajar dan berinovasi dengan dilandasi ketulusan, InsyaAllah tuhan akan selalu membimbing jalan hidup kita.

Wujudkan nilai sasanti ‘Satya, Wira, Wibawa’ dalam ucapan, tindakan, dan pekerjaan kita. Jayalah Corps Hukum AD!”, lanjut pesan yang disampaikan oleh Waka Babinkum TNI.

Suasana haru terlihat ketika Brigjen TNI Ateng Karsoma selesai mencium Pusara “Satria Wira Wibawa”, sambil berjalan berdampingan dengan Ny. Imas Ateng Karsoma melewati barisan Anggota Persit yang tak kuasa menahan rasa haru.

Sebagai bentuk penghormatan Anggota Ditkum, Mantan Dirkum dan Dirkum baru diarak dengan cara digendong sampai dengan gerbang Ditkumad. Hal yang tak terduga setelah itu adalah ketika Brigjen Ateng Karsoma bersujud mencium bumi sebagai wujud syukur karena hari itu adalah hari terakhir Brigjen Ateng mengabdi di Lingkungan Hukum TNI AD yang selanjutnya akan melaksanakan tugas di Babinkum TNI. (r/red)