Pemprov Sumut Siap Sukseskan Roadshow Bus KPK

102

MEDAN ketikberita.com | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) siap menyukseskan Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) di Sumut. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan di areal Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), mulai 26 hingga 29 Oktober 2023.

Adapun berbagai rangkaian kegiatannya antara lain edukasi antikorupsi bagi pelajar, sosialisasi antikorupsi dan gratifikasi, pentas seni budaya, lomba papercraft, digital community gathering, penampilan paduan suara, senam kesehatan, hingga car free day.

“Pemerintah Provinsi Sumut siap menyukseskan dan mendukung penuh kegiatan Roadshow Bus KPK RI di PRSU,” kata Inspektur Daerah Provinsi Sumut Lasro Marbun pada konferensi pers tentang Roadshow Bus KPK RI yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Sumut Harvina Zuhra di Ruang Rapat Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Rabu (18/10).

Bus tersebut juga sejalan dengan upaya Pemprov Sumut dalam pencegahan korupsi. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya upaya pencegahan korupsi sejak dini di Sumut.

Kehadiran bus tersebut diharapkan menjadi simbol kehadiran KPK, dalam upaya pelaksanaan pemerintahan yang bersih. “Filosofinya bahwa bus ini memberikan sinyal pada kita, KPK itu hadir di semua tempat, namun untuk hadir itu tidak bisa sendiri,” kata Lasro.

Di Sumut, KPK telah hadir di berbagai program ataupun kegiatan pemerintah di daerah. Mulai dari penertiban air bawah tanah, percepatan sertifikat tanah, pemanfaatan daya tampung ruang, hingga peningkatan penghasilan asli daerah.

Selain itu, Lasro mengatakan, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumut juga terus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Pemprov Sumut pun menerima penghargaan dari Ombudsman RI atas kepatuhan pelayanan publik.

“OPD Pemprov Sumut senantiasa berupaya menghadirkan pelayanan publik yang terbaik bagi masyarakat, sebagaimana kita ketahui pelayanan publik Sumut pernah zona kuning, sekarang zona hijau,” ujarnya.

Roadshow Bus KPK ini telah mengunjungi beberapa provinsi. Di Sumut, pembukaan kegiatan ini akan dihadiri oleh Wakil Ketua KPK RI Nawawi Pomolango. Kata Lasro, ini merupakan kehadiran pertama pimpinan KPK RI di Sumut pada tahun 2023. (red)