Pemkot Gunungsitoli Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021

129

GUNUNGSITOLI (Sumut) ketikberita.com | Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si pimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Walikota Gunungsitoli, Kamis (28/10).

Naskah pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang dibacakan oleh Wakil Walikota Gunungsitoli menyampaikan bahwa Hari Sumpah Pemuda ke 93 kali ini mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh ini sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa Bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Momentum hari sumpah pemuda yang kita peringati hari ini, harus mampu menjadi perekat persatuan kita sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda,” tegas Sowa’a Laoli.

Dalam upaya membangkitkan ekonomi pemuda, juga percepatan pemulihan situasi ekonomi nasional menyongsong Indonesia Maju, pemerintah terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru, wirausaha muda, baik dalam hal penumbuhan minat, pemberian bantuan wirausaha, termasuk wirausaha berbasis perguruan tinggi dan pesantren, sampai pada apresiasi wirausaha berprestasi.

“Upaya ini tentu tidak akan berdampak maksimal tanpa dukungan semua pihak, khususnya bersatunya niat dan ikhtiar para Pemuda dalam turut serta membangun bangsa ini secara Bersama-sama,” pungkas Wakil Walikota.

Upacara tersebut turut dihadiri oleh unsur Forkopimda dan diikuti oleh para ASN, TNI, Polri, Mahasiswa, Pemuda, Pramuka serta Pelajar lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli. (Wardiy)