Pemko Medan Sapa Warga Melalui Safari Ramadan

196

MEDAN ketikberita.com | Safari Ramadan kembali digelar Pemko Medan, Kamis (6/4). Selain memberikan sejumlah bantuan untuk kemakmuran Masjid, momentum Safari Ramadan yang dilakukan di Masjid Istiqomah dijalan Amal Luhur, Kecamatan Medan Helvetia ini dimanfaatkan Pemko Medan untuk menyapa sekaligus menampung aspirasi dan keluhan Warga.

Kehadiran Tim Safari Ramadan Pemko Medan yang dipimpin Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota Aulia Rachman di Masjid Istiqomah ini disambut hangat oleh BKM Masjid dan warga Kecamatan Medan Helvetia. Dalam sambutannya Aulia Rachman mempersilahkan satu persatu warga menyampaikan aspirasi dan keluhannya.

Salah satu warga yang menyampaikan keluhannya adalah Puji Astuti. Dirinya mengutarakan permasalahan terkait dengan BPJS kesehatan. “Saya ingin bertanya terkait BPJS kesehatan, bagaimana jika kita ingin berobat menggunakan BPJS kesehatan, sementara salah satu anggota keluarga yang terdapat di dalam kartu keluarga ada yang sudah tidak mampu membayar iuran dan terdapat juga tunggakan” Ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Aulia Rachman mengatakan, saat ini Pemko Medan memiliki program UHC JKMB dimana program ini memberikan kemudahan untuk masyarakat yang tidak mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Artinya hanya dengan menggunakan KTP warga kota Medan yang kurang mampu sudah dapat berobat.

“Ibu tinggal datang ke puskesmas bawa identitas diri. Nantinya ibu akan mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis melalui program UHC JKMB. Jadi tunggakan yang ada dalam BPJS kesehatan ibu akan terblokir secara otomatis namun tidak dihapuskan. Seluruh keluarga yang ada dalam kartu keluarga tersebut akan ditanggung dalam program ini,” Jelas Aulia Rachman.

Selanjutnya Riyono warga lainnya juga menyampaikan keluhannya terkait dengan infrastruktur dan permasalahan banjir. Dirinya mengatakan lingkungan tempat tinggalnya jika hujan turun pasti terjadi genangan banjir, hal itu diakibatkan oleh pembangunan perumahan di wilayah tersebut. “Dari pembangunan tersebut kebanyakan pengembang yang menutup saluran drainase. Kita sudah sering melakukan bergotong royong, namun belum teratasi. sebab terkendala dengan tidak adanya lubang kontrol untuk saluran drainase,” Sebutnya.

Menanggapi permasalahan yang disampaikan, Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman akan meminta Dinas SDABMBK untuk segera mengatasi permasalahan tersebut. “Nantinya Kecamatan Medan Helvetia akan melihat titik yang menjadi permasalahan dan akan dikoordinasikan dengan Dinas SDABMBK agar dapat segera dilakukan perbaikan agar permasalahan banjir di wilayah tersebut dapat teratasi,” Ujar Aulia Rachman.

Menurut Aulia Rachman kehadiran Pemko Medan ditengah-tengah warga ini selain melakukan safari ramadan juga sekaligus menyapa dan menampung aspirasi serta keluhan warga.

“Kita bersafari ramadhan sekaligus menyapa dan menampung aspirasi masyarakat. Artinya melalui momentum ini kita sebagai Kepala Daerah dapat mengetahui permasalahan yang ada ditengah masyarakat kemudian mengambil langkah dan upaya apa yang dapat mempermudahkan dan menyelesaikan permasalahan yang ada,” Sebut Aulia Rachman.

Selanjutnya dalam safari ramadan ini Wakil Wali Kota Medan menyerahkan bantuan untuk kemakmuran masjid Istiqomah senilai Rp 50 Juta rupiah dan memberikan santunan untuk anak yatim-piatu. Turut hadir dalam safari ramadan Al ustadz Samin Pane, Asisten Umum Ferry Ichsan, Ketua BKM Masjid Istiqomah Farid Parinduri unsur Forkopimda dan sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah. (er)

Artikulli paraprakGalakkan Pembangunan, Pemko Medan Harapkan Dukungan Masyarakat
Artikulli tjetërBuka Pesantren Kilat Ramadan, Edy Rahmayadi Motivasi Ribuan Siswa SMA/SMK