Pemko Medan Raih Penghargaan Implementasi KKPD Terbaik 2023

108

MEDAN ketikberita.com | Pemko Medan meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Kantor Wilayah Provinsi Sumut sebagai Pemerintah Daerah dengan implementasi Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) Terbaik tahun 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanuddin kepada Wali Kota Medan, Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman dalam acara rapat koordinasi Pembangunan Sumatera Utara Tahun 2023 di Hotel Santika Dyandra Medan, Rabu (13/12).

Dalam acara yang juga dihadiri Kepala Daerah Kab/kota lainya di Provinsi Sumut ini, juga dilakukan penyerahan secara digital DIPA dan Buku Daftar Alokasi TKD TA 2024.

Sementara itu Pj Gubsu, Hassanuddin dalam sambutanya mengatakan APBN menjadi kunci untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Hassanuddin memaparkan ada lima fokus alokasi APBN untuk tahun 2024 diantaranya perbaikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menghapus kemiskinan ekstrim, menurunkan stunting, peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan dan pendidikan. Kemudian percepatan transformasi ekonomi hijau melalui hilirisasi Sumber Daya Alam (SDA), revitalisasi industri, penguatan ekonomi hijau serta reformasi struktural.

“Selanjutnya ialah pemberian subsidi dan bantuan sosial yang tepat sasaran dengan peningkatan akurasi data, perbaikan mekanisme penyaluran dan sinergi program,”kata Hassanuddin.

Selanjutnya lagi ialah penguatan sinergi anggaran pusat dan daerah dengan menyusun kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal berdimensi regional dan sinkronisasi belanja pusat dan daerah.

“Dan yang terakhir ialah peningkatan efisiensi  dan efektivitas belanja negara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan pekerjaan, pengentasan kemiskinan dan pemerataan pembangunan baik antar golongan maupun antar wilayah,”pungkasnya. (red)