Pelajari Tata Kelola Pemerintah dan Pengelolaan PUD, TPP Bandung Berkunjung ke Kota Medan

139

MEDAN ketikberita.com | Guna mempelajari Tata Kelola Pemerintah dan Pengelolaan Perusahaan Umum Daerah(PUD), Tim Percepatan Pembangunan (TPP) Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan ke Pemko Medan, Kamis (13/7).

Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Sekda Wiriya Alrahman menyambut langsung kehadiran Tim TPP Kota Bandung yang dipimpin Prof Muradi di Ruang Rapat I, Kantor Wali Kota Medan.

Di awal pertemuan , Sekda Wiriya Alrahman mengucapkan selamat datang kepada rombongan TPP Kota Bandung ke Kota Medan . Tentunya kunjungan ini juga dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran bagi kota Medan guna lebih baik kedepannya.

“Tata Kelola Pemerintah Kota Medan dibawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution saat ini lebih baik, namun kami terus memperbaiki segala bentuk kekurangan dalam tata kelola pemerintah. Seluruh jajaran Pemko Medan kini fokus dalam mewujudkan program prioritas yang telah ditetapkan,” Jelas Sekda.

Terkait dengan Pengelolaan PUD, Sekda didampingi sejumlah Perangkat Daerah diantaranya Kepala BPKAD Zulkarnain, Kabag Perekonomian Regen, Kabag Pembangunan Ridho Siregar mengungkapkan bahwa Pemko Medan mengelola tiga PUD yakni PUD Pasar, PUD Pembangunan dan PUD Rumah potong hewan.

“Harus kami akui, diantara 3 PUD yang dimiliki Pemko Medan, PUD Pasar yang berjalan dengan baik. 2 PUD lainnya belum berkembang dengan baik, namun kami tetap berusaha untuk menjadikan PUD ini sebagai pendapatan untuk Kota Medan,” ujar Sekda.

Sekda menambahkan, melalui PUD Pasar Pemko Medan telah menjalin Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan daerah penghasil pertanian guna menjaga inflasi di Kota Medan. “Pemko Medan dalam menjaga dan mengatasi inflasi telah menjalin KAD dengan Kabupaten penghasil komoditi di wilayah Sumut,” Sebut Wiriya Alrahman.

Selanjutnya Sekda mengucapkan terima kasih kepada TPP Kota Bandung yang telah menjadikan Kota Medan Best Practice terkait Tata Kelola Pemerintah dan Pengelolaan PUD. “Kami ucapkan terima kasih semoga pertemuan ini membawa manfaat bagi pembangunan di Kota Bandung,” pungkas Sekda.

Sementara itu Ketua TPP Kota Bandung Prof Muradi yang juga Guru Besar FISIP UNPAD, menjelaskan kehadirannya rombongan ini guna mempelajari Tata Kelola Pemerintah dan Pengelolaan PUD yang dilakukan oleh Pemko Medan.

“Kehadiran kami untuk mempelajari dan melihat sejauh mana Tata Kelola Pemerintah dan Pengelolaan PUD yang dilakukan Pemko Medan. Hasil pertemuan ini nantinya akan menjadi bahan kami sebagai masukan untuk Pemko Bandung dalam pembangunan,” Jelasnya.

Sebelum ditutup dengan saling bertukar Cenderamata, pertemuan ini diisi dengan diskusi dan tanya jawab oleh TPP Kota Bandung kepada jajaran Pemko Medan. (red)